infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Bupati HST Hadiri Sosialisasi Pendidikan Politik Pemilih Pemula

Bupati HST Hadiri Sosialisasi Pendidikan Politik Pemilih Pemula

Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi, menghadiri agenda Sosialisasi Pendidikan Politik Pemilih Pemula,

Barabai, , infobanua.co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi, menghadiri agenda Sosialisasi Pendidikan Politik Pemilih Pemula, di Pendopo Bupati, Kamis, (21/03/2024).

Kegiatan yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) tersebut, diikuti sebanyak 100 pelajar beserta pendamping dari SMKN 1 HST, mengusung tema “Membangun Kesadaran Politik Pemilih Pemula dan Meningkatkan Peran Pemuda dalam Demokrasi”.

Bupati HST Aulia Oktafiandi saat memberikan materi menjelaskan bahwa pemilihan umum (Pemilu) baik itu pemilihan legislatif maupun eksekutif merupakan bagian penting dalam demokrasi.

“Karenanya para pemuda harus sadar akan perannya dalam menentukan pilihan politik,” ungkap Bupati.

Dalam paparannya Ia menyebut, pertarungan pemikiran yang terjadi perkembangan internet saat ini, sangat mempengaruhi perilaku generasi muda, khususnya yang sedang duduk di bangku sekolah

“Baik disadari atau tidak, perkembangan internet sangat mempengaruhi. Tantangan ini perlu dilakukan tindakan, salah satunya dengan pendidikan politik,” ungkapnya.

Untuk itu menurutnya generasi muda dan pemilih pemula harus memilik dasar yang kuat, sehingga pendidikan politik dapat menjadi filter atau penyaring berbagai informasi politik.

“Pendidikan politik akan menjadi filter terhadap pemikiran baru, ideologi baru, tantangan dan hambatan serta gangguan dari berbagai arah,” tambahnya.

Bupati Aulia menambahkan, agenda politik pada akhir tahun 2024 mendatang adalah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan menentukan arah pembangunan bagi daerah selama lima tahun ke depan.

“Untuk itu para pemilih pemula diharapkan bisa mempergunakan hak pilihnya dengan baik, dan mencermati serta mempelajari setiap kandidat yang ada nantinya,” jelasnya.

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi berfoto bersama dengan peserta Pendidikan politik kepada para pemilih pemula di HST

Sebagai Kepala Daerah ia juga mengharapkan momentum ini meningkatkan partisipasi politik pemilih generasi muda khususnya pada Pilkada 2024 mendatang.

“Gali informasi tahapan-tahapan pemilu dan bagikanlah informasi tersebut kepada teman-teman di sekolah,” tutup Aulia.

Agenda sosialisasi pendidikan politik pemilih pemula ini turut dihadiri Kepala Badan Kesbangpol HST, Mardiyono, dan Ketua KPU HST, Ardiansyah.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan