infobanua.co.id
Beranda TAPIN Cabai Hiyung Tapin Curi Perhatian Nasional, Kemenpan RB Tinjau Langsung ke Perkebunan

Cabai Hiyung Tapin Curi Perhatian Nasional, Kemenpan RB Tinjau Langsung ke Perkebunan

Kunjungan ini diwakili oleh Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik, Ajib Rakhmawanto, yang langsung datang ke perkebunan cabai di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah.

Rantau, infobanua.co.id – Pedasnya cabai hiyung asal Kabupaten Tapin telah menarik perhatian nasional, hingga mendapat kunjungan dari Kemenpan RB pada Selasa (21/5/2024). Kunjungan ini diwakili oleh Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik, Ajib Rakhmawanto, yang langsung datang ke perkebunan cabai di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah.

Sekda Tapin, H. Sufiansyah, mengapresiasi kunjungan ini, yang juga disertai dengan penandatanganan komitmen replikasi inovasi cabai rawit hiyung. “Semoga kegiatan ini menjadi langkah kerja nyata kita semua untuk meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat,” ucap Sufiansyah.

Ia menjelaskan bahwa cabai hiyung, yang ditanam di lahan dengan tingkat keasaman rendah, memiliki potensi untuk direplikasi di sejumlah daerah di Kalimantan Selatan yang memiliki karakteristik tanah serupa. Produk turunan dari cabai ini juga membuka peluang besar bagi pengembangan ekonomi masyarakat Kalsel.

Ajib Rakhmawanto mengungkapkan bahwa cabai hiyung merupakan salah satu inovasi yang tumbuh di Tapin dan mampu mengubah pola usaha petani, sekaligus menjadi peluang baru dalam perekonomian. “Cabai ini adalah salah satu kunci dalam rangka mendorong pelayanan publik di bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Ajib juga menyoroti bahwa produktivitas yang terbatas dan permintaan yang tinggi merupakan peluang besar yang bisa dikembangkan lebih lanjut. “Program replikasi atau penyebarluasan dapat dilakukan di seluruh Kabupaten Tapin atau di lingkup Kalimantan Selatan,” tambahnya. Ia berharap inovasi cabai hiyung ini terus dikawal dan kemanfaatannya bisa tersebar luas hingga mendunia.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan terobosan atau inovasi baru di sektor pertanian terus bermunculan, yang pada akhirnya bermuara pada pelayanan publik yang lebih baik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan