infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Pemprov Kalsel Adakan Orientasi Labkesmas untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Pemprov Kalsel Adakan Orientasi Labkesmas untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Raudatul Jannah, SKM, M. Kes

Banjarmasin, infobanua.co.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan pertemuan orientasi Laboratorium Kesehatan Masyarakat (Labkesmas) yang dimulai pada Senin, 10 Juni 2024. Kegiatan ini dilaksanakan bersama 13 kabupaten/kota di Kalsel dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan pelaksanaan laboratorium kesehatan masyarakat sesuai dengan standar fungsi dan kualitas yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Raudatul Jannah, SKM, M.Kes, yang akrab disapa Acil Odah, menyampaikan pentingnya transformasi layanan primer dan sistem ketahanan kesehatan sebagai upaya penguatan layanan laboratorium kesehatan. “Kementerian Kesehatan RI berkomitmen dalam melakukan 6 pilar transformasi penopang sistem kesehatan Indonesia, dimana laboratorium kesehatan masyarakat berada di pilar 1 yaitu transformasi layanan primer dan pilar ke-3 yaitu transformasi sistem ketahanan kesehatan,” ujar Acil Odah.

Acil Odah juga menegaskan bahwa dalam Undang-Undang Kesehatan No. 17 Tahun 2023 Pasal 23, Labkesmas mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan primer. “Laboratorium kesehatan masyarakat juga bertujuan untuk melaksanakan pemeriksaan spesimen klinis dan pengujian sampel sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit serta peningkatan kesehatan masyarakat dengan mengacu pada standar WHO,” tambahnya.

Labkesmas memiliki 14 fungsi di 5 tingkatan. Labkesmas tingkat 1 di puskesmas memiliki 5 fungsi; tingkat 2, yaitu labkesmas/labkesda kabupaten/kota, memiliki 8 fungsi; tingkat 3, yaitu labkesmas/labkesda provinsi, memiliki 12 fungsi; tingkat 4, yaitu labkesmas regional, memiliki 13 fungsi; dan tingkat 5, yaitu labkesmas nasional, memiliki 14 fungsi.

Acil Odah berharap bahwa kegiatan orientasi ini dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman tenaga kesehatan di puskesmas dan dinas kesehatan dalam pelaksanaan pelayanan laboratorium kesehatan di masyarakat. “Semoga kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkala untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan laboratorium kesehatan dan kesehatan masyarakat,” harapnya.

Kegiatan ini mencerminkan komitmen Pemprov Kalsel untuk meningkatkan standar pelayanan kesehatan dan memastikan bahwa layanan laboratorium kesehatan di seluruh kabupaten/kota dapat memenuhi standar yang telah ditentukan, guna menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan terjamin kesehatannya.

Id/IB

Bagikan:

Iklan