infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Beri Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Beri Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

AMUNTAI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali mengadakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan Bedah Rumah. BSPS merupakan bantuan pemerintah dalam upaya membantu perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam meningkatkan kualitas rumah dan pembangunan rumah yang lebih layak.

BSPS sendiri memiliki dua kategori yaitu, Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya (PKRS) dan Pembangunan Rumah Baru Swadaya (PBRS). PKRS ditunjukan untuk memperbaiki rumah yang tidak layak huni sedangkan PBRS untuk pembangunan rumah baru pengganti rumah rusak total.

Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Najeriansyah saat  Rapat Koordiansi Pelaksanaan Bantuan Swadaya Dana Alokasi Perumahan mengatakan, bantuan yang diluncurkan dari pemerintah pusat ini untuk kabupaten HSU ada 4 Kecamatan 12 Desa dengan jumlah rumah yang di bedah 207 buah rumah.

“untuk tahun 2020 ini ada 4 kecamatan, Amuntai Tengah, Sungai Pandan, Amuntai Selatan dan Banjang,” ucap Najeriansyah, Selasa (1/9) di Aula Disperkim LH.

Nejeriansyah menambahkan, target sasaran yang dituju adalah masyarakat yang berpenghasilan rendah dan tentunya rumah yang tidak layak huni, untuk program untuk bantuan nya yaitu bantuan PKRS dengan alokasi dana diberikan senilai 17.5 juta tiap satu rumah.

Untuk penerima bantuan itu sendiri yaitu hasil dari data Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang)  tahun 2019 di setiap desa, kemudian ditindak lanjuti dengan Pimpinan Daerah dan Leading Sektor terkait seperti Disperkim LH untuk memverifikasi apakah benar berhak mendapatkan bantuan bedah rumah tersebut.

“Harapannya dengan kegiatan ini bisa mengentaskan dan membantu warga kita yang rumah nya bisa dikatakan tidak layak huni, dengan adanya program ini mereka bisa tinggal sesuai dengan syarat yang diperuntukkan sebagai sebuah rumah” harapnya.

Disamping itu Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi juga menyampaikan,  selaku Kepala Daerah bersyukur dengan adanya bantuan bedah rumah ini dari Pemerintah Pusat kerena ini salah usaha pemerintah dalam memberikan kualitas rumah layak huni bagi masyarakat yang kurang mampu.

Husairi juga berpesan kepada seluruh Kepala Desa dan Camat di tiap daerah masing masing yang daerah nya mendapatkan bantuan bedah rumah, untuk lebih proaktif memantau dilapangan agar bantuan bedah rumah ini tepat sasaran kepada masyarakat yang benar benar membutuhkan.

“Dengan adanya kegiatan bantuan dari pemerintah pusat ini kita sambut dan kita menfaatkan sebaiknya. banyak atau sedikitpun bantuan didapatkan kita menfaatkan  sebaik mungkin untuk kemaslahatan masyarakat,” pungkasnya.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan