Kabupaten HSU Miliki Alat Uji Swab Covid-19

23 0

AMUNTAI – Unit Laboratorium Real Time- Polymerase Chain Reaction (RT – PCR) alias alat diagnosa uji swab pasien terjangkit Virus Corona (Covid-19) di RSUD Pambalah Batung Amuntai, Sabtu (26/9)‎ pekan tadi diresmikan. Peresmian ini dilakukan Anggota DPR-RI Drs. Bambang Heri Purnama bersama Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Drs. H Abdul Wahid HK, MM, M. Si.

Dalam sambutannya, Bambang begitu panggilan anggota DPR RI Dapil Kalimantan Selatan ini. Ia mengaku bersyukur HSU memiliki alat swab secara mandiri. Apalagi bangunan Laboratorium PCR yang menempati eks bangunan PMI ini untuk memenuhi kebutuhan pemeriksaan medis covid-19 yang lebih efesien.

“Harapan saya dengan adanya alat PCR ini mudah mudahan dapat cepat menekan penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19 di daerah ini. Karena alat ini dapat dan cepat mengetahui hasil yang kongkrit, apakah seseorang itu terjangkit virus corona, negatif atau positif,” terangnya.

Anggota Komisi I dari Fraksi Golkar meminta kepada pemerintah daerah agar benar-benar memaksimalkan peralatan ini. Sehingga menurutnya kasus positif di HSU dapat diketahui secara akurat agar  benar-benar menekan sekecil mungkin penyebarannya.

Selanjutnya Bupati HSU Drs. H Abdul Wahid HK, MM, M. Si menyebut peresmian Laboratorium PCR ini sendiri merupakan salah satu yang pertama untuk wilayah Banua enam. Bahkan iamenghendaki kabupaten lain juga dapat mengupayakan pengadaannya. 

“Setahu kami untuk daerah-daerah di wilayah benua enam, HSU yang pertama memiliki RT – PCR ini. Target kami hadirnya alat ini untuk mempercepat penanganan covid-19,” tegasnya.

Fai/IB

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com