infobanua.co.id
Beranda KALTARA Polres Nunukan Sukses Amankan Pemilukada Gubernur dan Bupati Nunukan

Polres Nunukan Sukses Amankan Pemilukada Gubernur dan Bupati Nunukan

Nunukan, infobanua.co.id – Wawancara khusus Kompol Suwandi Jabatan Kepala Bagian Operasi terkait masalah mulai perebcanaan hingga berahir Rekaputulasi perhitungan di KPU.

Nunukan Kaltara Rabu 16/12/2020 Kompol suwandi kabag OP Polres nunukan Polda Kaltara dijumpai wartawan saat sibuk dalam pengamanan di Kantor KPU jalan Radio nunukan utara kabupaten nunukan Propensi kalimantan utara.

apa trategis yang dilakukan oleh Polres nunukan bersama TNI dalam pengamanan Pilkada khususnya dinunukan?.

Suwandi: Peran kita dalam pengamanan Pilkada ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat dengan aparat kepilusian dan TNI .
Kemudian kami dukungan juga untuk pengamanan Pada tahapan tahapan Pemilu kalau itu masyarakat itu dia sadar akan keamanan yaitu kan pasti dia akan ikut berperan ambil andil ikut berperan serta untuk mengamankan daerahnya.

untuk itu kami sebagai pengendali operasi akan selalu mewanti-wanti kepada warga masyarakat untuk ikut berpartisipasi ikut mendukung terciptanya situasi yang sejuk dan kondusif selama pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 ini.

saat ditanya kordinasi yang dilakukan polres bersama aparat dan petugas lainya?

Suwandi, koordinasi tetap kita laksanakan karena Emang ada keterkaitan semua ini kan untuk supaya sitkamtibmas di Kabupaten Nunukan kondusif dan sejuk kami gandeng instansi samping itu Satpol PP maupun TNI harapannya kita sama-sama menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten Nunukan ini, untuk selama Pilkada berlangsung mulai awal sampai akhir nanti pelantikan Bupati terpilih dapat berlangsung dengan kondusif.

Suwandi: untuk Riak- Riak pasti ada Namun kita bisa mengatasi menggandeng dengan stakeholder atau instansi yang lainnya seperti sat polpp TNI dan instansi instansi lainnya supaya Riak- Riak Itulah bisa kita tekan tidak timbul di permukaan itu.

saat ditanya kendala kendala dalam pengaman pilkada.?
suwandi kalau kendalanya selama ini tidak ada hampir tidak ada karena kita ya itu tadi yang pasti kita selalu bergandengan tangan dengan instansi terkait dengan TNI dengan Satpol PP atau mungkin satuan satuan pengamanan yang lainnya.

Rapat Pleno KPU Rekapitulasi perhitungan suara

saat ditanya masalah wilayah perbatasan yang memang Apakah ada di dugaan suplay massa massa dari luar daerah seperti dari Malaysia karena dia berada pada wilayah perbatasan?

Suwandi, memang tidak sampai ke sana yang tahu kan bp2tki ya kan ada mungkin masa yang mungkin dari seberang ke wilayah Kabupaten Nunukan itu dari pihak kepolisian itu tetap memberikan kesadaran supaya yang dari sebelah ke Kabupaten Nunukan supaya ikut berperan serta dan tidak membuat gaduh Pilkada di Kabupaten Nunukan ini.

suatu keberhasilan yang diraih Polres dan Polda Kaltara dalam pengamanan Pilkada?

Suwandi, ya benar semua itu tidak lepas dari Peran masyarakat juga kan Kalau mungkin masyarakat membuat gaduh pasti juga Kabupaten ini jelas ada permasalahan, tapi Kalau masyarakat di Kabupaten Nunukan khususnya di Polda Kaltara ini kalau masyarakat sadar akan Pemilukada ini kita sama-sama memelihara dan menjaga merawat alhamdulillah kita bisa dilaksanakan dengan rasa situasi kondusif.

saat ditanya jumlah personil pengamanan pilkada dinunukan khususnya.?

Suwandi,kalau untuk personil itu Ratusan sesuai dengan tahapan, untuk rapat pleno ini kita libatkan kurang lebih sekitar 250 personel dintaranya itu dari POLRI TNI kemudian instansiasi samping lainnya.

Pengamanan tambahan dari brimob itu memang untuk menjaga agar tetap kondusif, bukan berarti terjadi permasalahan dibupaten ini cuma itu Rekomendasi dari atasan Mabes Polri melihat kalatara adalah propensi yang berbatasan dengn Negara tetangga Malaysia jadi Tambahan Brimob dari Polda Ace untuk mengantisipasi saja ujar Kompol Suwandi Kabag OP Polres nunukan Polda Kaltara.(Yuspal)

Bagikan:

Iklan