infobanua.co.id
Beranda Berita Covid19 Swab Test Gratis di HSU Direncanakan Berlanjut

Swab Test Gratis di HSU Direncanakan Berlanjut

Amuntai, infobanua.co.id – Sekitar 600 warga Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memanfaatkan Swab test gratis yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Jumlah ini menunjukan tingginya animo masyarakat dalam merespon program Pemda HSU dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Plt. Kepala Dinkes dr. H. Danu F Fotohena menjelaskan swab test yang digelar pada tanggal 28-31 Desember tadi ‎merupakan tindaklanjut arahan dari Bupati yang juga ketua Satgas Covid-19 HSU. Menurutnya swab test ini bagian dari kalanjutan upaya tracing dan tracking agar supaya bisa mengetahui warga yang terpapar Virus Corona.

“Sesuai dengan petunjuk dan arahan Bupati HSU perlu adanya kegiatan yang sifatnya masif. Supaya kita bisa mengetahui warga kita berapa sebenarnya yang positif atau tidak. Ini juga bagian dari kelanjutan upaya tracing dan tracking,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, setiap warga yang ingin mengikuti swab test, hanya diwajibkan melampirkan foto copy KTP. Kemudian dalam mendukung swab test gratis ini, pihaknya menyiapkan petugas yang profesional. Didukung pula dengan peralatan sesuai standar dan hasilnya sangat cepat diketahui, yakni paling lama dua hari.

“Peralatan Lab PCR-nya ada di Rumah Sakit Pambalah Batung. Jadi begitu selesai pengambilan swab langsung dipacking, dilabel dan langsung dibawa ke rumah e lab,” tegasnya.

Danu bertekad kedepannya akan terus melakukan swab gratis untuk masyarakat. Tujuan tiada lain untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Mengingat data miliknya dari 23 November sampai 23 Desember ada tren peningkatan yang cukup signifikan.

“Kami berharap upaya ini bisa menekan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di HSU,” pungkasnya‎. Fai

Bagikan:

Iklan