Baru Hitungan Bulan Banyak Proyek Pembangunan di Desa Sindangmukti Sudah Rusak

  • Whatsapp

Karawang, infobanua.co.id – Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangmukti Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang dikerjakan secara asal-asalan. Hasil investigasi yang dilakukan Direktorat Bramasta DPP Bamuswari menunjukan beberapa proyek fisik telah mengalami kerusakan yang cukup parah padahal proyek tersebut baru rampung beberapa bulan yang lalu.

Selain itu ada proyek non fisik yang tidak jelas penggunaan anggarannya. Seperti pada proyek penangulangan Covid-19 dengan anggaran Rp. 10.965.400 dan pengadaan masker Covid 19 senilai Rp. 26.600.000 dana tersebut masuk pada anggaran 2020.

“Kami sangat prihatin melihat banyaknya ketidakjelasan penggunaan anggaran serta kerusakan pada beberapa proyek seperti pembuatan TPT, gorong-gorong, dan jalan lingkungan. Proyek yang tersebut menelan anggaran negara lebih dari setengah milyar, sedangkan taksiran sementara kerugian negara Rp. 225.700.000, taksiran ini bersifat sementara, kemungkinan bisa bertambah bila ada temuan baru,” kata Direktur Bramasta Abdul Rohman ke awak media infobanua.co.id
Sabtu 23 /01/2021.

Pihak Bramasta telah melayangkan surat permintaan klarifikasi kepada Pemerintah Desa Sindangmukti untuk bisa memberikan penjelasan kepada publik mengenai penggunaan anggaran tersebut, yang justru malah pengerjaannya terkesan asal-asalan. Abdul Rohman juga mengajak kepada masyarakat Kutawaluya khususnya Desa Sindangmukti untuk ikut andil dalam program pembangunan desa, dengan aktif mengawasi jalannya pembangunan yang dilakukan pemerintah desa”, ungkapnya

Nilai anggaran bantuan negara yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi hingga APBD kabupaten yang terbilang besar berpotensi di salahgunakan oleh oknum pengguna anggaran yang bersentuhan dengan program dana desa, sehingga peran serta masyarakat mutlak diperlukan.

 

Iswanto/Red.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *