infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Bupati HSU Buka Pencanangan Pemberian Vaksin Covid-19

Bupati HSU Buka Pencanangan Pemberian Vaksin Covid-19

Amuntai, infobanua.co.id – Bupati Hulu Sungai Utara H.Abdul wahid HK. MM.M.si Resmi membuka pencanangan pemberian Vaksin Covid-19 di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang digelar Senin (1/2/2021) di Gedung Ideham chalid.

Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Hulu Sungai Utara ini adalah sebagai suatu penanda dan pertanda bahwa pemerintah akan melakukan fungsi tugas, dan tanggung jawabnya dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat,” demikian disampaikan Bupati Abdul Wahid dalam sambutan pengarahannya sebelum penyerahan alat vaksinasi kepada Dinas Kesehatan.

Selain jajaran Forkopimda HSU organisasi kesehatan, tokoh Agama dan beberapa tokoh masyarakat, serta tenaga kesehatan akan menerima suntikan Vaksin Covid-19 hari ini.

“Simbolisasi penerimaan vaksin kepada pejabat publik hari ini diharapakan dapat menumbuhkan optimisme dan ini harus kita gaungkan supaya meningkatkan imun masyarakat, bahwa secara medis, kita akan menerima suntikan vaksin, tapi positif thingking akan membuat imun kita naik,” lanjut Bupati HSU
Pemberian suntikan vaksin Covid-19 lantas tidak serta merta dapat menghentikan penularan virus pandemi ini.
Plt kepala Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara . Danu F Skm.M.kes mengingatkan bahwa setelah mendapat suntikan vaksin, protokol kesehatan 5M harus tetap dijalankan.

“Karena terciptanya kekebalan kelompok butuh waktu dan proses. Harapannya, semua lini untuk dapat memberikan sosialisasi bahwa imunisasi ini dilaksanakan harus tetap didukung protokol kesehatan yang ketat. Jangan sampai setelah imunisasi kita abai terhadap prokes,” ujar Danu.

Sebelumnya, dalam laporan pelaksanaan kegiatan Pencanangan Vaksinsi Covid-19 di Kabupaten Hulu Sungai Utara ini, Danu menyampaikan bahwa Kabupaten Hulu Sungai utara mendapat jatah vaksin sebanyak 2680 dosis. dosis pertama akan disuntikkan kepada tenaga kesehatan di seluruh Kabupaten Hulu Sungai Utara
Sasaran vaksinasi selanjutnya adalah pejabat publik, kemudian masyarakat umum.

Dalam kegiatan imi Dandin 1001 amuntai Balangan kol.infantri Ali Ahmad Satiadi sebagai orang pertama dalam vaksinasi covid 19 Yang aman dan halal oleh Majelis Ulama Indonesia.

Mekanisme pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan dalam 4 tahap. Pertama adalah tahap pendaftaran, dimana calon penerima vaksin harus menunjukkan KTP dan etiket dari Kementerian Kesehatan RI yg dikirimkan ke nomor handphone calon penerima vaksin. Tahap kedua adalah screening. Pada tahapan inilah ditentukan apakah calon penerima vaksin lolos screening kesehatan untuk disuntik dengan persyaratan tidak sedang bergejala sakit, tidak sedang hamil, dan tekanan darah normal.

Tahap ketiga adalah tahap penyuntikan vaksin dilanjutkan tahap evaluasi kejadian ikutan paska imunisasi (KIPI). Beberapa KIPI yg mungkin terjadi adalah inflamasi pada area bekas suntikan, dan tanda kemerahan bekas suntikan.

Rel/IB

Bagikan:

Iklan