infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Petani Lahan Rawa di Amuntai Mulai Tanam Padi

Petani Lahan Rawa di Amuntai Mulai Tanam Padi

AMUNTAI – Pertanian di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sebagian besar merupakan  rawa. Daerah rawa ini pada saat musim peghujan akan dipenuhi air dan dimanfaatkan utuk lahan mencari ikan.

Pada saat musim kemarau saat ini, air yang menggenangi rawa mulai surut.  Lahan ini akan digarap menjadi lahan pertanian. Saat ini sebagian petani sudah mulai melakukan penyemaian untuk persiapan lahan pertanian.

Seperti yang diungkapkan Ahmad warga Amuntai dimana untuk membuat penyemaian dirinya menggunakan daerah rawa yang ditutup dengan lumpur dan menebar benih diatasnya.  “Saat lahan sudah benar-benar kering nantinya maka benih siap dipindahkan ke lahan pertanian,” ujarnya.

Kepala Desa Pulantani Ibnu Attaillah mengatakan saat ini ada skitar 20 hektar lahan pertanian yang ada di Desa Pulantani dan sudah mulai siap untuk ditanam. ” Sebagian sudah mulai melakukan proses tanam, ada juga yang masih dalam penyemaian biasaya pada bulan Juni semua sudah tertanami,” ujarnya.

Lahan pertanian yang ada di Pulantani memang tak begitu luas namun menjadi pekerjaan pokok bagi sebagian warga. Hasil pertanian sebagian besar digunakan untukmemenuhi kebutuhan sehari hari secara pribadi. rel/BP

Bagikan:

Iklan