infobanua.co.id
Beranda Blitar Tiga Santri Yang Akan Kembali Keponpes Ternyata Reaktif

Tiga Santri Yang Akan Kembali Keponpes Ternyata Reaktif

Blitar, infobanua.co.id – Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Blitar, melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, menyatakan jika tiga santri yang akan kembali ke Pondok Pesantren (Ponpes) di wilayah Kabupaten Blitar dalam rapid antigen dinyatakan positif.

Mereka langsung dibawa ke gedung isolasi LEC, di Desa Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar.

Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, melalui Plt Jubir Satgas covid-19 Pemkab Blitar, Eko Wahyudi, mengatakan bahwa, ketiga santri tersebut berasal dari Kecamatan Garum, Kecamatan Wlingi dan Kecamatan Kanigoro.

“Laporan sampai Kamis 27-05-2021 pagi ini, ada tiga santri yang rapid antigennya dinyatakan positif. Dan sesuai kesepakatan, kami isolasi mereka di gedung LEC, Pojok, Garum,” kata Plt Jubir Satgas covid-19 Pemkab Blitar, Eko Wahyudi.

Menurut Eko, bahwa sementara dari jumlah 10 ribu reagen yang digratiskan untuk para santri, pihaknya telah menerima laporan sebanyak 711 santri telah memanfaatkannya.

Seharusnya fasilitas rapid antigen gratis itu ditujukan kepada santri yang merupakan warga Kabupaten Blitar.

Ternyata dilapangan masih banyak Santri dari daerah lain yang akan kembali ke Ponpes di Kabupaten Blitar belum menyertakan hasil rapid antigen dari daerah asalnya.

“Petugas medis di Puskesmas sangat kuwalahan. Masalahnya bersamaan dengan pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang juga mengejar target. Karena seharusnya, Santri dari luar Kabupaten Blitar, sudah membawa hasil rapid antigen. Tapi banyak yang belum bawa,” jlentrehnya.

Masih menurut Eko bahwa, Kabupaten Blitar masih berada dalam Zona Orange paparan covid-19. Dari 22 Kecamatan di wilayah Kabupaten Blitar, maping paparan semua berwarna merah. Tapi breakdown maping per RT tidak ada yang merah.

“Sementara, sebanyak 130 Ponpes yang berada di wilayah Kabupaten Blitar, sudah menjadualkan kembalinya para santri usai masa libur lebaran,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa, meneruskan instruksi dari Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin, bahwa Ponpes harus menjadi pilot project dalam memutus penyebaran Corona Virus Disease-2019 atau covid-19.

Maka Pemkab Blitar memberikan fasilitas gratis rapid antigen bagi para Santri yang merupakan warga Kabupaten Blitar yang hendak kembali masuk ke Ponpes.

Baik yang berada di wilayah Kabupaten Blitar, maupun Ponpes di luar daerah. (Eko.B).

 

Bagikan:

Iklan