infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA BPOM HSU Lakukan Edukasi Memilih Kosmetik Aman

BPOM HSU Lakukan Edukasi Memilih Kosmetik Aman

AMUNTAI – Loka Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi dengan Tema “Memilih Kosmetik Aman Gasan Buhan Pian” yang dilaksanakan di Aula Tunas Banua SMKN 2 Amuntai yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Dewan Guru, staf dan siswa-siswi SMKN 2 Amuntai.

Pengawas Farmasi & Makanan BPOM HSU, Vrisca Geri Asa Hardian, SKM menyampaikan, kosmetik tidak terbatas hanya dari make up perempuan, tetapi pada dasarnya semua orang memakai kosmetik setiap harinya salah satunya adalah sabun mandi, parfum dan deodorant.

“Setiap kosmetik harus ada surat edarnya yang dikeluarkan oleh BPOM baik produk dari dalam negeri maupun luar negeri, terlebih di saat pandemi ini masyarakat mengurangi mobilitas maka berbelanja di online shop, dan ini juga perlu diperhatikan sebelum membeli terkait izin edarnya,” ucapnya.

Ia menambahkan, kosmetik itu aman jika sudah terdaftar surat izin edarnya, namun sampai saat ini masih banyak beredar di pasaran kosmetik yang ilegal yang tidak memiliki surat izin edarnya baik produk dalam negeri maupun luar negeri. “Tentunya produk kosmetik ilegal ini perlu diwaspadai masyarakat kandungannya, seperti penggunaan mercuri yang sering ditemui di kosmetik pemutih wajah dan pewarna tekstil/pewarna merah di lipstik yang dipakai di kosmetik ilegal yang pastinya akan berdampak buruk bagi kita,” ucap hardian.

Hal ini juga disampaikan Pengawas Farmasi dan Makanan BPOM HSU Bedri Sekar Nurmadhani, S.T.P, dalam materinya ia memberikan tips-tips sebelum membeli kosmetik dengan memperhatikan kemasan dalam kondisi baik, membaca informasi produk yang terdapat pada labelnya, pilih kosmetik yang telah memilik surat izin edar BPOM berupa nomor notifikasi dan jangan gunakan produk yang kadaluarsa.

“Tidak hanya sebelum membeli kosmetik yang perlu diperhatikan, namun juga setelah membeli atau tata cara penyimpanannya dengan cara pastikan kosmetik selalu dalam keadaan tertutup apabila sedang tidak digunakan agar kosmetik tidak mudah rusak, jangan menyimpan kosmetika di tempat yang panas atau terkena sinar matahari langsung, simpanlah di tempat yang bersih dan sejuk serta jauhkan dari jangkauan anak-anak,” ucap Sekar.

Kepala SMKN 2 Amuntai, Herry Fitriyadi, M.Pd mengatakan kegiatan ini adalah informasi yang berharga dari Loka POM HSU, perlu memahami dan menggali lebih jauh tentang memilih kosmetik yang aman. “Yang membahayakan itu yang perlu kita tau, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk kedepannya agar lebih teliti lagi dalam memilih produk kosmetik, dan kedepannya juga kita harapkan semoga bisa dilaksanakan lagi kegiatan seperti ini yang bisa memberi manfaat besar,” harap Herry. rel/BP

 

Bagikan:

Iklan