infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Diskuperindag HSU Dorong IKM Kembangkan Pengolahan Pangan dan Desain Kemasan

Diskuperindag HSU Dorong IKM Kembangkan Pengolahan Pangan dan Desain Kemasan

Amuntai, infobanua.co.id – Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian (Diskuperindag) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus mendorong pelaku usaha pangan agar lebih terampil dalam melakukan pengolahan pangan dan kemasan secara baik.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskuperindag HSU, Muhammad Yani mengatakan, sebagai wujud meningkatkan kualitas keterampilan para pelaku usaha di bidang pangan, Diskuperindag HSU menyelenggarakan pelatihan tentang pengolahan pangan dan kemasan bagi industri kecil menengah.

Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dinilai, perlu menyiapkan bekal diri pengetahuan tentang cara produksi dan pengemasan guna meningkatkan nilai jual produk dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas.

Adapun peserta pelatihan sebanyak 20 orang yang terdiri dari pelaku IKM se Hulu Sungai Utara. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 27-29 Mei 2022 berpusat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan HSU.

“Kita mengharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan palatihan pangan ini, produk-prodok olahan mampu bersaing. Setelah 3 hari kegiatan pelatihan produk, dilanjutkan pelatihan kemasan agar produk yang telah diolah dikemas sedemikian rupa agar bisa bersaing di pasar.” ucap Yani, Jumat (27/5/2022).

Munurutnya, saat ini kendala para pelaku usaha IKM adalah, kurangnya sumber daya manusia (SDM) tentang konsep desain dalam sebuah produk yang disenangi oleh konsumen milenial sekarang.

“Melalui pelatihan ini, bisa mendapatkan desain produk apa yang disukai pasar (kalangan) milenial sekarang.” katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan masih banyak pelaku usaha IKM yang menggunakan kemasan yang tidak sesuai dengan standar seperti, tidak mencantumkan identitas produk dan izin edar.

“Biasanya permasalahan paling menonjol di kemasan dan perizinan. Mungkin setelah pelatihan ini kedepannya akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk bisa memfasilitasi berupa PIRT (Perizinan Produksi Industri Rumah Tangga).” pungkasnya.

Disis lain Wakil Ketua TP PKK HSU, Erlian Noor Fauziah saat membuka kegiatan pelatihan pangan mengatakan, manyambut baik atas terlaksana kegiatan pelatihan teknik pengolahan pangan bagi IKM.

Menurutnya, pengetahuan dan keterampilan kepada para pelaku IKM pangan sangat diperlukan guna mengolah produk yang kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi.

Ia berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini mampu meningkatkan pendapatan pelaku usaha IKM di Hulu Sungai Utara dan membuka peluang tenaga kerja lebih luas.

“Sehingga diharapkan pula mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.” harap Erlian.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan