infobanua.co.id
Beranda Blitar Ada Apa Pemkot.Blitar Gelar Cangkrukan Blitar Keren

Ada Apa Pemkot.Blitar Gelar Cangkrukan Blitar Keren

Blitar, Infobanua.co.id – Walikota Blitar dan Wakil Walikota Blitar, Santoso dan Tjutjuk Sunario akan menggelar Cangkrukan Blitar Keren, bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Sabtu 07-08-2021 sore nanti.

Acara Cangkrukan, Santoso, Tjutjuk dan Sandi akan digelar secara virtual lewat zoom meeting dan akan membahas tentang potensi Pariwisata di Kota Blitar.

Walikota Blitar Santoso, mengatakan, Cangkrukan Blitar Keren tersebut sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar untuk membangkitkan kembali Pariwisata di Kota Blitar setelah dilanda pandemi Corona Virus Disease-2019 (covid-19).

“Sedangkan Kota Blitar menjadi salah satu daerah destinasi wisata yang menjadi tujuan para wisatawan,” kata Walikota Blitar Santoso.

Menurut Santoso, sebagaimana keberadaan Makam Bung Karno yang menjadi magnet bagi jutaan wisatawan untuk datang berkunjung ke Kota Blitar.

Namun dalam situasi pandemi covid-19 terpaksa Pemkot Blitar menutup kawasan wisata Makam Bung Karno.

Kondisi tersebut memacu Pemkot Blitar untuk melakukan berbagai upaya agar Pariwisata kembali bangkit dan menjadi salah satu sektor yang mampu membangkitkan perekonomian warga masyarakat.

“Salah satunya adalah dengan menggelar cangkrukan secara virtual bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno,” jlentrehnya.

Masih menurut Santoso, pihaknya ingin agar Pariwisata di Kota Blitar bangkit, dan banyak potensi yang dapat didorong.

Sebagai bukti komitmen kebangkitan, pihaknya akan menyampaikan visi dan misi Kota Blitar selama lima tahun mendatang, khususnya yang berkaitan dengan Pariwisata.

Karena sektor Pariwisata merupakan salah satu prioritas pembangunan pada tahun 2022.

“Kami ingin mewujudkan pemulihan ekonomi melalui perdagangan dan jasa, pariwisata, serta ekonomi kreatif berbasis digital,” terang Santoso.

Selanjutnya Santoso sangat optimistis jika Pariwisata di Kota Blitar dapat segera bangkit.

“Selain kawasan wisata Makam Bung Karno, potensi pariwisata lain yang ada di Kota Blitar juga tidak kalah menarik untuk terus dikembangkan,” ungkapnya.

Lebih dalam Santoso menuturkan, sejumlah potensi wisata tersebut, antara lain Agrowisata Blimbing Karangsari, Istana Gebang, dan Kampung Bathok.

“Selain menyampaikan komitmen dan potensi wisata, acara cangkrukan ini juga untuk mendengar aspirasi terkait persoalan dan kendala pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Blitar,” paparnya.

Selanjutnya Santoso berharap, ada perwakilan komunitas dari kampung wisata kreatif, perwakilan PHRI, UMKM dan generasi milenial yang menyampaikan kondisi sebelum dan ketika terjadi pandemi.

“Karena dalam forum ini ada Menteri dengan para deputi, setidaknya setelah kendala ini disampaikan, segera ada uluran tangan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sehingga teman-teman dapat bangkit,” jelasnya.

Lebih dalam lagi Santoso juga berharap ada formula khusus untuk Kota Blitar dengan menempatkan Makam Bung Karno sebagai episentrum untuk pengembangan ke depan.

Kota Blitar juga termasuk dalam Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan, sebagaimana ditetapkan dalam Perpres Nomor 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan. Selanjutnya Kawasan Bromo-Tengger-Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

“Semuanya akan kami bicarakan dalam Cangkrukan Blitar Keren yang dapat diikuti secara virtual pada Sabtu 07-08-2021 mulai pukul 15.45 WIB sore ini,” pungkasnya. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan