infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Kemenkominfo Dukung Pengembangan Kepemerintahan Berbasis Elektronik Terapkan Sistem SSO

Kemenkominfo Dukung Pengembangan Kepemerintahan Berbasis Elektronik Terapkan Sistem SSO

Amuntai, infobanua.co.id – Kementerian Kominfo (Kemenkominfo) melalui Direktur E-Government Kemenkominfo Bambang Dwi Anggono, siap mendukung serta fasilitasi Pengembangan Sistem Kepemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui penerapan layanan sistem single sign on (SSO) untuk mewujudkan layanan publik yang terintegrasi di Kabupaten Hulu Sungai Utara melalui zoom yang bertempat di mess nagara dipa, Rabu (4/8/2021).

 

Pengembangan Sistem Kepemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui penerapan layanan sistem single sign on (SSO) yang digagas atau diprakarsai oleh Kepala Dinas Kominfo HSU, H. Adi Lesmana.

 

Sistem Single Sign On (SSO) adalah pengintegrasian dalam satu kesatuan yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dikarenakan cukup memiliki satu akun saja untuk mendapatkan setiap layanan, serta akan berdampak kepada Pemerintah Daerah untuk dapat memanfaatkan data dari seluruh SKPD untuk pengambilan keputusan serta terjaminnya keamanan data dan aplikasi.

 

Bambang Dwi Anggono dalam kesempatannya menyampaikan, terkait SSO kemenkominfo siap membantu dan memfasilitasi dalam penerapannya di HSU.

 

“Tentunya kita akan dukung, tidak perlu biaya apapun, nanti akan kita sediakan server, aplikasi dan sistem SSO nya akan kita siapkan jadi tinggal pakai saja,” ujarnya.

 

Dalam kesempatanya ia juga memberi masukan SSO atau Portal dibagi menjadi 2 yang sifatnya internal dan bersifat publik demi keamanan data yang ada.

 

“Mungkin arsitekturnya dari SSO ini dapat disesuaikan atau dipisah yang sifatnya internal dan publik agar terjaminnya keamanan data, untuk layanan publik aplikasinya tersendiri, untuk layanan internal daerah juga tersendiri, dan tentunya disini saya berharap daerah-daerah bisa melakukan inovasi-inovasi dari apa yang belum dilakukan supaya bisa dipelajari daerah,” ucapnya.

 

Kepala Diskominfo HSU, H. Adi Lesmana mengungkapkan, kedepannya dirinya akan memperbaiki SPBE SSO agar sesuai dengan masukan yang diberikan dari pihak Kemenkominfo.

 

“Kedepannya akan kita lakukan konsultasi lanjutan bersama kemenkominfo, kedepannya juga akan kami lakukan sosialisasi dengan SKPD masalah SPBE setelah Perbup SPBE selesai,” ungkapnya.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan