infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Pemkab HSU Luncurkan Perpustakaan Digital IHSU

Pemkab HSU Luncurkan Perpustakaan Digital IHSU

Amuntai, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) HSU resmi meluncurkan inovasi perpustakaan berbasis digital yakni IHSU.

“Mudah-mudahan dengan adanya aplikasi IHSU ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Hulu Sungai Utara dalam meningkatkan wawasan, pengetahuan dan kecerdasan.” ucap Wakil Bupati HSU Husairi Abdi, Senin (22/11/2021).

Menurutnya, keberadaan sebuah perpustakaan sering diibaratkan sebagai jantung informasi dan transfer pengetahuan ke seluruh lapisan masyarakat, guna terlaksananya sumber daya manusia yang bersaing tinggi di tengah era modernisasi.

“Hari ini sejarah bagi kami Hulu Sungai Utara dapat menyediakan konten atau buku-buku digital bagi seluruh lapisan masyarakat dalam memberikan informasi dan ilmu pengetahuan melalui perpustakaan digital melalui aplikasi IHSU.” ungkap Husairi.

Kemudian, dengan adanya aplikasi digital IHSU ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses buku bacaan dimanpun berada.

Pengembangan perpustakaan digital ini tidak lain adalah sebagai bentuk peran pemerintah daerah dalam mengembangkan dunia literasi dan meningkatkan budaya gemar membaca di Hulu Sungai Utara.

“Sehingga nantinya berdampak pada meningkatnya indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM) di HSU, sesuai amanat Permendagri Nomor 18 Tahun 2020.” jelasnya.

Sementara, itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) HSU, Lailatanur Raudhah mengatakan, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, literasi berbasis digital semakin dibutuhkan khususnya dikalangan para kaum milenial.

“Perpustakaan sekarang bukan hanya saja kumpulan tempat buku tercetak, akan tetapi perpustakaan dituntut mengikuti perkembangan zaman dalam menyediakan seluruh informasi berbasis digital.” ujarnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan bab V pasal 14 bahwa setiap perpustakaan mengembangkan layanan perpustakaan sesuai dengan kemajuan teknologi dan informasi.

Menurutnya, dengan adanya perpustakaan berbasis digital ini, diharapkan bisa terus mendorong dalam peningkatan minat baca dikalangan masyarakat dan mempermudah masyarakat dalam mengakses buku-buku yang tersedia.

“Dengan adanya perpustakaan IHSU ini, bukan berarti perpustakaan semakin semakin sepi karena sudah bisa baca dimanapun, karena perpustakaan sekarang sudah bertransformasi.” tutupnya.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan