infobanua.co.id
Beranda TAPIN Truk ODOL di Razia Termasuk Angkutan Semen Conch Melintas Di Tapin

Truk ODOL di Razia Termasuk Angkutan Semen Conch Melintas Di Tapin

TAPIN, INFOBANUA.co.id – Angkutan truk bermuatan lebih dan dimensi berlebih (over dimension and overload/ODOL) yang sedang melintas jalan nasional maupun provinsi di wilayah Kabupaten Tapin terjaring razia tim gabungan Satlantas Polres Tapin, Dinas Perhubungan, POM Kandangan Kodim, Pengadilan Negeri, Kejaksaan, Kamis (27/1) bertempat di Siring Rantau Baru.

Selain angkutan truk odol, tak lepas kemungkinan juga diantaranya ikut terjaring angkutan semen PT.Conch milik Moeldoko hingga angkutan pickup bermuatan lebih.

Muhammad Noor, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tapin mengatakan kegiatan ini rutin kita laksanakan untuk memeriksa kir yang mati hingga kelengkapan surat menyurat.

“Disini kita juga memeriksa truk bermuatan lebih atau overload. Truk muatan normal itu ukurannya 7,5 ton sampai 8 ton. Sedangkan dalam razia hari ini kita lihat truk muatan rata-rata diatas 10 ton lebih. Berkategori overload bermuatan lebih dan dimensi berlebih,”katanya.

Sementara tindakan yang dilakukan bagi truk yang overload kita tilang di tempat. Sementara yang melebihi dimensi kita beri peringatan.

“Selain itu juga pemeriksaan kir yang mati dan langsung kita tahan dengan melihat hasil scanner di blanko terhubung langsung ke kementerian perhubungan,”katanya.

Ditambahkan KBO Wakasat Lantas Polres Tapin, Ms.Ariza menambahkan disini kita utamakan keselamatan para pengemudi.

“SIM, STNK, dan kelayakan jalannya kita periksa yang rata-rata masih normal. Kita pantau di jalan masih sesuai peruntukannya,”katanya.

Truk bermuatan lebih dan dimensi berlebih (over dimension and overload/ODOL) kita tindak bahkan ditilang ditempat.

“Imbauan kami untuk para supir agar melengkapi surat menyurat berkendaraannya mulai dari SIM dan STNK. Dan terpenting jangan menggunakan narkoba,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan