infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak Usia 6-11 Tahun Demi Herd Immunity

Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak Usia 6-11 Tahun Demi Herd Immunity

Amuntai, infobanua.co.id – Pemerintah Republik Indonesia secara resmi telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun sejak Selasa 14 Desember 2021 dengan jumlah sasarannya sekitar 26,5 juta anak.

Dalam kesempatannya Dokter Spesialis Anak RS Pambalah Batung Amuntai, Dr.Islammiyah Dewi Yunianti menyampaikan untuk melawan Covid-19 tidak cukup hanya dengan menerapkan protokol kesehatan saja.

“Untuk melawan pandemi covid-19 ini tidak cukup dengan hanya menerapkan protokol kesehatan saja, tentu juga harus ditambah dengan vaksinasi agar terbentuknya Herd immunity,” ungkapnya.

Tentang keamanan vaksin ia menyatakan, vaksin yang digunakan anak usia 6-11 tahun aman karena sudah melalui tahapan uji klinis yang ketat.

“Vaksin untuk anak usia 6-11 tahun sudah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan POM, yaitu vaksin Sinovac, yang terbukti aman serta efek samping yang minimal,” tegasnya.

Soal efek samping vaksinasi atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) ia menyampaikan umumnya gejalanya kecil atau ringan.

“Ada dua KIPI, yaitu lokal dan sitemik. Lokal umumnya sakit bengkak di tempat suntikan. Sedangkan untuk yang sistemik antara lain demam, namun gejala ini bisa muncul bisa tidak,” ujarnya.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan