infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Pemkab HSU Gelar Rakor Persiapan Penilaian Adipura Tahun 2022

Pemkab HSU Gelar Rakor Persiapan Penilaian Adipura Tahun 2022

Amuntai, infobanua.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman Dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Utara menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Penilaian Adipura Tahun 2022. Bertempat di Gedung Arsip Lantai II kabupaten Hulu Sungai Utara, Rabu (25 Mei 2022).

Sebagaimana diketahui bersama, Adipura adalah penghargaan tertinggi di bidang lingkungan yang diberikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bagi kota-kota di Indonesia yang dinilai sukses dalam mewujudkan kebersihan dan melakukan upaya pengelolaan lingkungan perkotaan dengan baik.

Adipura bukan hanya penanganan kebersihan atau urusan sampah yang dalam hal ini urusan Dinas Lingkungan Hidup saja, melainkan juga bagaimana upaya pengelolaan sampah dari sumber-sumber sampah (Permukiman, Perkantoran, Perdagangan, Perindustrian, Rumah Sakit, Sekolah, Fasilitas Umum dan lain-lain) yang melibatkan semua stakeholder yaitu komponen pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.

Plt. Bupati Hulu Sungai Utara H. Husairi Abdi, Lc pada kesempatan nya ia mengucapkan Terima kasih kepada Dinas Perkim Lingkungan Hidup karena melakukan persiapan sedini mungkin untuk menghadapi penilaian Adipura tahun 2022 dan tentunya meminta kepada SKPD – SKPD Badan yang mempunyai kantor nya masing-masing untuk menata kantornya dengan mengelola lingkungan dan kebersihan nya dan kepada yang lebih banyak apa yang perlu di sampaikan kepada yang menata pasar supaya rapi dan nyaman dilihat bagaimana, dari segi parkirannya, penataan tempat, jangan sampai soal kebersihan itu lalai. Dan soal pengelolaan kota bersih dan juga lingkungan ini bukan dari pemerintah saja tetapi juga masyarakat, bagaimana melakukan penyadaran kepada masyarakat dan kepada punya toko – toko supaya mengelola persampahan kebersihan ini benar-benar dijaga.

“Intinya dengan adanya Adipura ini adalah bagaimana Kabupaten/Kota Pengelola Kebersihan dan lingkungannya sebaik mungkin  jauh daripada hal – hal yang dari melibatkan adanya tidak bersih dan lingkungan tidak subur itu.”ucap Husairi

“Dalam hal ini mudah-mudahan memulai dengan adanya kegiatan ini, minimal dengan mengundang Bapak/Ibu yang berhadir pada acara ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perkim Lingkungan Hidup tadi, minimal dikantor masing-masing kondisi kebersihan dan lingkungan betul-betul terjaga. Apalagi yang berkenaan dengan sampah kebersihan tentunya juga tentu berkaitan dengan sampah supaya dikelola sebaik mungkin, kapan di ambil dan kapan di buang dan ditempatkan di lingkungan nya di masing-masing pihak”.katanya

“Maka intinya bagi kami yang pertama kali ini kita rapat Terima kasih, dan kemudian bagaimana kita kepada keperluan OPD masing-masing menerapkan lingkungan yang bersih dan sehat jauh pada persampahan, lingkungan nya juga sehat. “.tambahnya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Utara H. Hermani Johan, SKM, MAP,  M. Mkes dalam wawancara nya ia mengatakan untuk penilaian Adipura direncanakan pada bulan Juni ini, maka untuk itu hari ini melakukan rapat koordinasi yang berkaitan dengan penilaian tersebut.

“Harapannya nanti ketika dilakukan penilaian kita bisa tentunya mendapatkan nilai maksimal. Karena Adipura ini merupakan kebanggan kita daerah, prestasi daerah. Ketika kita mendapatkan Adipura maka dikatakan bahwa daerah kita adalah kota yang bersih. Dan nantinya mungkin bisa bermanfaat bagi Kabupaten Hulu Sungai Utara”.ucap Hermani.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan