infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Plt Bupati Hulu Sungai Utara Hadiri Rakorwil Apkasi Kalsel

Plt Bupati Hulu Sungai Utara Hadiri Rakorwil Apkasi Kalsel

Banjarmasin, infobanua.co.id – Selasa (31/5). Bertempat di Ballroom hotel Rattan Inn Banjarmasin Rapat Koordinasi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan di Buka Oleh Gubernur Kalimantan Selatan H.Sahbirin Noor secara Virtual.

Hadir dalam Rakorwil Apkasi Kalsel kali ini Ir. H. Zahir, M.AP. atau yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Barat yang mewakili Ketua Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE (Bupati Dharmasraya). Kegiatan ini juga di hadiri H. Sukamta Selaku Koordinator Apkasi Wilayah Kalimantan Selatan, Plt. Bupati Hulu Sungai Utara H. Husairi Abdi, Lc, Wakil Bupati Batola, Wakil Bupati Tanah Bambu dan perwakilan Bupati/walikota se Kalimantan Selatan.

H.Sukamta dalam laporannya menyampaikan kegiatan Rakorwil Apkasi Kalsel merupakan media perjuangan dari aspirasi para Bupati se-Kalimantan Selatan dan inilah perjuangan kami Bupati di Kalimantan Selatan untuk Bagaimana membangun Kalimantan Selatan menjadi daerah yang lebih maju apalagi dalam rangka kita sebagai penyangga ibu kota negara Nusantara.

Selanjutnya Sukamta mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Selatan yang bersedia membuka Rakorwil Apkasi Kalsel ini sehingga dapat terlaksana sebagai mana yang diharapkan, adapun materi-materi yanga kan di angkat nantinya akan dilakukan pembahasan sehingga rapat hari ini nantinya akan merumuskan materi pokok yang nantinya akan dibawa pada saat Rakornas yang akan dilaksanakan di bulan Juni nanti.

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor saat menyampaikan sambutan secara daring karena saat bersamaan berada di Kabupaten HSS menghadiri peresmian Mall Pelayanan Publik, Paman Birin menyampaikan apresiasi Rakor Apkasi Wilayah Kalsel ini.

Paman Birin mengatakan, tema yang diangkat dalam Rakor Apkasi Wilayah Kalsel yaitu “Peningkatan Kerjasama dan Aspirasi Daerah dalam Rangka Pertumbuhan Perekonomian Guna Mendukung Ibukota Negara Baru” sangat relevan dan searah dengan sasaran tujuan pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan kedepan.

“Untuk mewujudkan visi Kalsel Maju, yaitu Kalimantan Selatan Makmur Sejahtera dan Berkelanjutan sangat penting untuk kita melihat dan mendengar berbagai aspirasi dari Apkasi, khususnya terkait peran dalam mendukung Ibukota Negara Baru,” sampainya.

Saat ini dan kedepan sebut Paman Birin, diperlukan peningkatan kerjasama dan kolaborasi di berbagai bidang, untuk mencapai cita-cita dan tujuan pembangunan daerah.

Ditetapkannya Provinsi Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara baru, serta Kalimantan Tengah sebagai food estate, akan berdampak positif bagi Kalsel secara keseluruhan, Kalsel berdekatan langsung dengan wilayah IKN dan food estate tersebut.

“Kalsel memiliki posisi yang sangat strategis, sangat memungkinkan untuk menjadi pintu gerbang dan simpul transportasi regional dari dan menuju Ibu Kota Negara baru. Kemudian, 2 kabupaten di daerah kita, yaitu Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Kotabaru, merupakan daerah yang dekat dengan kawasan IKN,” jelasnya.

Ditambahkan Paman Birin, Pemprov Kalsel secara bertahap dan berkelanjutan terus berupaya mengajak seluruh pemerintah kabupaten diseluruh Kalsel melalui Apkasi untuk bersama-sama mengembangkan, menyiapkan, serta mengarahkan pembangunan di daerah masing-masing sejalan dengan visi misi provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara itu Ketua Bidang Pendidikan Dan Kebudayaan Ir. H. Zahir, M.AP. atau yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Barat yang mewakili Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE (Bupati Dharmasraya) dalam sambutannya menyampaikan seperti yang kita ketahui Gubernur merupakan Dewan Penasehat sehingga mempunyai ikatan yang erat dengan kepengurusan Apkasi khususnya di wilayahnya masing-masing, sehingga dapat menjadi media untuk memberikan arahan dan petunjuk dalam jalannya roda organisasi Apkasi di Daerah dan akan menjadi sebuah kekuatan dalam mengambil rekomendasi-rekomendasi berupa harapan-harapan para bupati yang nanti akan kita bawa pada Rakornas Apkasi yang akan datang.

Plt. Bupati Hulu Sungai Utara H. Husairi Abdi ,Lc yang hadir langsung pada kegiatan Rakorwil Apkasi Kalimantan Selatan ini, menyampaikan harapan sebagai gerbang dari Ibu Kota Baru Nusantara nantinya, tentunya harus bersiap diri dari berbagai sektor baik itu dari segi pembangunan infrastruktur maupun sumber daya manusia sehingga nantinya dapat mengambil peranan penting dalam terwujudnya Ibu Kota Negara Nusantara nantinya.

Salah Satu permasalahan yang diangkat dalam forum Apkasi kali ini yaitu tentang PPPK yang telah diangkat oleh pemerintah tentunya menjadi perhatian khusus yang harus di bahas dengan seksama sehingga Apkasi Kalimantan Selatan memberikan kuntribusi dalam pembahasan permasalahan terkait PPPK ini yang nantinya akan di bahas pada Rakornas Apkasi nanti.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan