infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSU Gelar Ajang Pemilihan Nanang Galuh

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSU Gelar Ajang Pemilihan Nanang Galuh

Amuntai, infobanua.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama Pawadahan Nanang Galuh melaksanakan ajang Pemilihan Nanang Galuh tingkat Kabupaten HSU tahun 2022 pada seleksi tahap pertama (Wawancara/Interview). Bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten HSU, Senin (20/6/2022).

Tercatat yang mengikuti seleksi Pemilihan Nanang Galuh tingkat Kabupaten HSU tahun 2022 berjumlah 43 orang, untuk Nanang (Putra) 15 orang dan Galuh(Putri) 28 orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten HSU Jumadi S. AP., MT atau yang mewakili Kabid(Kepala Bidang) SMP Ahadi Ilhami ia berharap kegiatan di Pemilihan Nanang Galuh ini bukan sebuah kegiatan yang serimornia yang sifat nya hanya output tetapi menjadi sebuah hasil yang terbaik dan cermin dari perilaku masing masing.

“Pemilihan ini tidaklah instan dan kami berharap kepada kalian semua agar tetap memiliki tanggung jawab yang luar biasa. Kalian yang hadir disini itu sudah menunjukkan pribadi kalian. Dan juga harapan kami perilaku, sikap dan karakter kalian merupakan wujud dari diri kalian masing-masing”.ucap Ahadi Ilhami.

Ahadi Ilhami berharap kepada calon Nanang Galuh ketika sudah keluar tempat tersebut atau sudah menjadi Wakil Kabupaten HSU maka akan tetap tertampak apa yang dimiliki oleh masing masing.

“Selamat berjuang, Selamat mengikuti seleksi dan kami berharap hari ini adalah momen terindah dan pengalaman yang terbaik buat kalian semua”. Pungkasnya

Pada kesempatan nya, Ketua Nanang Galuh Kabupaten HSU Irwan Zasir mengatakan pada tahun 2022 ini merupakan pemilihan yang pertama di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten HSU, karena sebelum nya dalam Pemilihan tersebut di Disporapar Kabupaten HSU. Hal tersebut tentunya lebih fokus ke dalam bidang kebudayaan.

“Banyak harapan-harapan dari kami maupun dari senior yang ada atau dahulu, karena kalian adalah penerus kami dan bisa memberikan yang terbaik untuk kedepannya”.ucap Irwan Zasir.

Lebih lanjut, ia mengatakan pada acara tersebut tentunya banyak hal dan usulan usulan dari Dewan Juri bagaimana cara menjadi seorang Nanang Galuh yang benar hanya memiliki pengetahuan secara bidang kebudayaan tetapi jua mempunyai mentalitas dan Intalitas bersaing karena pada dasarnya tidak hanya bersaing pada Tahap Pemilihan tetapi pada kenyataan kehidupan sehari-hari.

Ia menyampaikan pesan kepada Calon Nanang Galuh semoga kedepannya bisa memberikan atau melanjutkan hal hal positif yang sudah dilaksanakan dan terus ditingkatkan.

Adapun Kriteria pemilihan tersebut yaitu, Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Kabupaten HSU, Pria atau wanita berusia 16-24 tahun, Pendidikan minimal SLTA/Sederajat, belum menikah, Tinggi minimal pria 165 Cm dan wanita 155 Cm, Berkepribadian dan berpenampilan menarik, menguasai bahasa daerah dan asing, memiliki wawasan Kebudayaan nusantara, khususnya Kebudayaan daerah Kabupaten HSU, memiliki pengetahuan umum dalam bidang pendidikan, pemerintahan, kepribadian dan organisasi, Memiliki komunikasi(Public Speaking) yang baik, memiliki 3B(brain, beauty, dan behavior), Tidak sedang menjabat sebagai duta lain di Kabupaten HSU.

Dalam penilaian pemilihan, seleksi wawancara(Interview) hari Senin, 20 Juni 2022 yang terdiri dari Bidang Kebudayaan, Bidang Pemerintahan, Bidang Pendidikan, Bidang Bahasa Asing, Bidang Kepribadian, Bidang Organisasi. Kemudian seleksi penampilan Bakat(5 menit) pada hari Rabu, 22 Juni 2022, karantina tertutup hari Kamis-Minggu, 23-25 Juni 2022. Dan yang terakhir Grand Final, Sabtu, 25 Juni 2022 nanti

Fai/IB

Bagikan:

Iklan