infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Sosialisasi Pembinaan Perpustakaan Guna Meningkatkan Indeks Literasi Kabupaten/Kota se- Kalsel

Sosialisasi Pembinaan Perpustakaan Guna Meningkatkan Indeks Literasi Kabupaten/Kota se- Kalsel

Amuntai, infobanua.co.id –Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Perpustakaan dengan program untuk meningkatkan indeks literasi  Se-Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan, Senin (15/08/2022).

Bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan HSU, Dispersip Prov. Kalimantan Selatan melaksanakan langsung kegiatan pembinaan kepada 50 orang pengelola perpustakaan yang terdiri dari guru/relawan pustakawan dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten HSU.

Mewakili Kepala Dispersip Kalsel, Wildan Akhyar Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya Wildan Akhyar mengatakan Pembinaan ini penting dilaksanakan untuk memperkuat kapasitas pengelolaan perpustakaan yang ada di tingkat kabupaten/kota, hingga kita bisa menggali informasi yang diperlukan dalam konteks pengelolaan perpustakaan di era yang sudah semakin maju ini.

Ia juga mengatakan bahwa dalam Undang-Undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan disebutkan bahwa Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Perputakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan berwenang mengatur, mengawasi dan mengevaluasi penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan diwilayah masing-masing.

“Kegiatan pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan perpustakaan yang diarahkan kepada standar nasional perpustakaan yang meliput yaitu standar koleksi perpustakaan, standar sarana dan prasarana, standar pelayanan perpustakaan, standar tenaga perpustakaan, standar peyelenggaraan dan standar pengelolaan,” ucap Wildan Akhyar

Semoga seluruh perpustakaan nantinya yang ada di Kabupaten/kota se Kalsel bisa ter akreditasi dengan nilai yang maksimal,” harap Wildan Akhyar

Selain itu, Kepala Dispersip HSU Hj Lailatannor Raudah mengatakan ucapan terimakasih kepada Dispersip Prov. Kalsel atas program pembinaan perpustkaan yang dilaksanakan di Kabupaten HSU pada hari ini.

“Untuk HSU baru 19 perpustakaan yang sudah ter akreditasi, dan Untuk Perpustakaan Daerah Alhamdulillah dengan nilai A,  dan untuk Perpustakaan SLTA, SLTP,  SD dan juga perpustakaan desa sudah mempunyai nilai B dan juga C,”  ucapnya Hj Lailatannor Raudah.

Untuk kedepannya kita sudah mengusulkan 10 calon perpustakaan untuk mengikuti akreditasi,  dikarenakan untuk akreditasi pertama dibiayai langsung oleh perpustakaan Nasional,” terangnya.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan