infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Pecatur Muda HSU sukses meraih Medali Perak di Kejuaraan Catur “Asian Youth Chess Championships 2022″

Pecatur Muda HSU sukses meraih Medali Perak di Kejuaraan Catur “Asian Youth Chess Championships 2022″

DENPASAR, infobanua.co.id – Meski tak semulus bermain di 3 kelas individu, Pecatur muda asal Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan, Nishfa Dayyana Rahmah tetap sukses menorehkan prestasi bersama Tim Garuda Kelompok Umur (KU) Grup 14 Puteri Indonesia dengan meraih medali perak di Kejuaraan Catur “Asian Youth Chess Championships 2022“, Bertempat di The Grand Inna Kuta Hotels Denpasar-Bali.

Saat ditanya kesan pertama tanding di even internasional, ia menjawab “Saya sangat bangga dan bahagia dapat menjadi duta Indonesia untuk bertanding diajang Kejuaraan Catur Tingkat Asia, ini merupakan moment yang sangat berarti bagi ulun, dan ini akan selalu menjadi kenangan bagi diri saya,” terang Nishfa melalui pesan video, Minggu (23/10/2022)

“Bedanya bermain di event Internasional dengan event nasional sangat terasa sekali, karena dievent ini pemain yang saya hadapi semuanya berkelas, bahkan teori catur dan pengalaman tanding yang mereka miliki jauh diatas saya,” tambah Nishfa.

Sedangkan saat ditanya lawan, Nisfha menjawab untuk lawan yang sangat berat menurutnya berasal dari negara Vietnam, mongolia dan Kazakstan, ditambah India pun sangat berat, karena mereka memiliki persiapan dan skil individu yang sangat baik.

“Terasa sekali tekanan dan openening yang begitu matang dan siap dari lawan saya, dan banyak sekali saya temui varian-varian baru dalam pembukaan dan variasi dalam babak tengah. dan itu membuat saya terkadang berpikir terlalu lama untuk menjawab langkah dari lawan tersebut,” Beber Nishfa.

“Saya sangat bahagia, walaupun dalam Catur Perorangan kelompok G14 Puteri saya belum bisa berhasil menyumbangkan Medali Untuk Merah Putih, akan tetapi kebahagian itu dapat tertebus, karena di Tim Garuda KU G14 Puteri raih Medali Perak pada kelompok beregu,” Tukasnya.

Terpisah, Ahmad Raihan Hasa selaku Pelatih Internasional/FIDE Instuctur, sekaligus orang tua Nishfa mengatakan, ini merupakan PR dan pengalaman di kejuaraan Tingkat Asian, dimana Nishfa harus lebih giat berlatih dan harus menambah jam latihan dan tentunya ini harus mendapat support dan dukungan dari semua pihak.

” Sebagai pengurus pengcab Percasi dan masyarakat HSU , saya menharapkan anak anak asli Putera dan Puteri daerah asal HSU yanv mampu menjadi juara Nasional, baik dari cabang apapun agar mendapat perhatian khusus daerah , sehinggga potensi mereka tidak kandas di tengah jalan,” Tutupnya.

Sekedar informasi, Nishfa sendiri menjadi satu satunya Atlet Catur Provinsi Kalsel yang berhasil terpilih untuk mewakili Negara Indonesia di Kejuaraan Catur “Asian Youth Chess Championships 2022“.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan