infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Pj Bupati HSU Serahkan Langsung Bantuan Kepada Korban Banjir di 2 Kecamatan

Pj Bupati HSU Serahkan Langsung Bantuan Kepada Korban Banjir di 2 Kecamatan

AMUNTAI, infobanua.co.id – Dengan mengendarai perahu dan klotok, Pejabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Raden Suria Fadliansyah, M.Pd. Melaksanakan peninjauan dan menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir yang ada di desa Danau Terate kecamatan Banjang dan Desa tebing liring kecamatan Amuntai Utara, Rabu (22/11/2022).

Didampingi Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, S.KM M. Kes, Kapolres HSU AKBP. Moch Isharyadi Fitriawan, SIK, Plt. Kepala BPBD HSU Sugeng Riyadi dan camat banjang beserta jajaran.

Menurut data dari PUSDALOPS BPBD HSU pada tanggal 23 November 2022, saat ini Bencana banjir menggenangi 8.526 buah rumah, 24.474 meter jalan , 74 buah fasilitas pendidikan, 6 buah fasilitas kesehatan , 36 buah fasilitas ibadah, 14 buah fasilitas umum, dengan 30.128 jiwa dari 10.121 KK yang terdampak banjir.

Sedangkan untuk di Kecamatan Banjang Pj . Bupati HSU menyerahkan 127 paket bantuan dan 97 untuk Desa danau Terate tersebut.

Dalam penyampaiannya, Pj Bupati HSU, Raden Suria Fadliansyah sangat prihatin terhadap warga yang terdampak banjir khususnya masyarakat yang berada di desa terisolir seperti danau terate

“Kepada masyarakat terutama di Kabupaten HSU, agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap arus air yang sewaktu – waktu mungkin akan meninggi.” katanya

Lebih lanjut ia juga berharap kepada seluruh warga masyarakt agar meningkatkan koordinasi dan kerjasama terlebih kepada aparat desa setempat supaya penanganan dampak bencana banjir ini lebih maksimal dan tepat sasaran.

“Kepada seluruh aparat Desa agar dapat memberikan pelayan kepada masyarakat dan bersama – sama dengan Pemerintah Daerah bekerjasama dalam menaggulangi bencana banjir yang terjadi. Perlunya meingkatkan kesadaran dalam memelihara kebersihan lingkungan sekitar agar bencana banjir dapat berlalu dengan cepat.” harapnya

Dikarenakan kondisi air terus meningkat dan tak kunjung surut, Pj Bupati HSU mengeluarkan surat keputusan nomor 188.45/556/kum/2022 tentang status tanggap darurat bencana (TDB) di HSU salah satunya bencana banjir.

Putusan tersebut menimbang, bahwa dari kajian dilapangan menunjukkan keadaan yang mengancam kehidupan masyarakat di HSU, Selain itu mengantisipasi dampak bencana banjir dengan cepat, tepat dan terpadu sesuai dengan standar dan prosedur pada saat tanggap darurat penanganan bencana banjir.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan