AMUNTAI, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU) sudah mulai menerapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, adapun tahap awal penerapan Identitas Kependudukan Digital itu, menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) HSU mulai melakukan sosialisasi pengenalan aplikasi Identitas Kependudukan Digital secara door to door ke setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab HSU.

“Identitas Kependudukan Digital memudahkan masyarakat, khususnya ASN dan Non ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten HSU,” ucap Operator Pelayanan KTP Digital, Disdukcapil HSU Nufi Aminuddin saat di Kantor Diskominfosandi HSU, Rabu (14/12/2022).

Nufi mengatakan, Identitas Kependudukan Digital mempermudah masyarakat mengakses dokumen kependudukan hanya melalui smartphone tanpa harus membawa KTP fisik.

Ia menyebut, sosialisasi pengenalan KTP digital ini masih di tahap lingkup Pemerintah Kabupaten HSU seperti dinas, badan dan kantor, kemudian dilanjutkan ke berbagai kelompok masyarakat.

“Untuk sementara sudah beberapa SKPD mendapatkan sosialiasi KTP digital, nantinya akan dijadwalkan kedepannya lagi,” jelas Nufi.

Masih Nufi, untuk mendapatkan identitas kependudukan digital, syarat wajib dipenuhi yakni sudah melakukan perekaman KTP elektronik, memiliki ponsel pintar android dan memiliki koneksi internet.

Masyarakat cukup mengunduh aplikasi identitas kependudukan digital di “playstore”. Pada aplikasi itu terdapat menu data keluarga, dokumen kependudukan seperti KTP elektronik dan kartu keluarga, dokumen hasil integrasi NIK antara lain sertifikat vaksin dan NPWP. Di aplikasi itu pula terdapat QR-Code KTP digital.

“Saat ini aplikasi yang tersedia masih berbasis android, untuk ios belum ada,” pungkasnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *