infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA KPU HSU Gelar Sosialisasi dan Evaluasi Penetapan Dapil Serta Alokasi Kursi DPRD Tahun 2024

KPU HSU Gelar Sosialisasi dan Evaluasi Penetapan Dapil Serta Alokasi Kursi DPRD Tahun 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) HSU menggelar Sosialisasi dan Evaluasi Penetapan Dapil serta Alokasi Kursi Anggota DPRD HSU Tahun 2024.

AMUNTAI, infobanua.co.id – Menindaklanjuti uji publik kepada masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terkait penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) untuk pemilu 2024 mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) HSU menggelar Sosialisasi dan Evaluasi Penetapan Dapil serta Alokasi Kursi Anggota DPRD HSU Tahun 2024.

Pada kegiatan yang Bertempat di Hotel Minossa Resort, Senin (28/3) di ikuti oleh para partai politik di HSU, perwakilan Forkopimda, Bawaslu serta SKPD terkait.

“Uji publik terkait dapil di HSU telah kita laksanakan pada bulan Desember 2022 lalu dan sudah ditetapkan oleh KPU RI,” Ujar Ketua KPU HSU yang di wakili Hamli selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu.

Lebih lanjut, Dengan telah ditetapkannya Dapil ini, kata Hamli agar para partai politik dalam penetapan calon-calonnya dapat mempertimbangkan segala hal dan ketentuan yang akan dilaksanakan pada pemilu ditahun 2024 mendatang.

Ia berharap melalui sosialisasi dan evaluasi ini masyarakat dapat lebih mengetahui tentang penetapan dapil dan dapat menentukan calon-calon yang akan dipilih nantinya.

“Selain masyarakat, kita juga berharap partai politik dapat meraup suara ataupun memperkirakan basis-basis mereka dengan calon-calonnya yang dihandalkan di Dapil masing-masing.” Pungkasnya.

Adapun Alokasi kursi DPRD HSU sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2023 yang berjumlah 30 kursi, yakni Dapil 1 meliputi Kecamatan Amuntai Tengah dan Banjang sebanyak 9 kursi, Dapil 2 meliputi Kecamatan Sungai Pandan dan Sungai Tabukan sebanyak 6 kursi.

Kemudian Dapil 3 meliputi Kecamatan Danau Panggang, Babirik dan Paminggir sebanyak 6 kursi, selanjutnya Dapil 4 meliputi Kecamatan Amuntai Selatan, Amuntai Utara dan Haur Gading sebanyak 9 kursi.

Fai

Bagikan:

Iklan