infobanua.co.id
Beranda TAPIN Peringatan Hari Buruh Sedunia Dinas Tenaga Kerja Tapin Gelar Bakti Sosial dan Jalan Sehat

Peringatan Hari Buruh Sedunia Dinas Tenaga Kerja Tapin Gelar Bakti Sosial dan Jalan Sehat

Jalan Sehat bersama seluruh keluarga karyawan perusahan dan masyarakat, donor darah, sunatan massal, pemberian sembako bagi pekerja rentan, dan lomba yel – yel untuk karyawan perusahaan.

Rantau, infobanua.co.id – Peringatan Hari Buruh Sedunia (May day) 2023. Dinas Tenaga kerja Kabupaten Tapin bersama dengan perusahaan yang ada di Tapin gelar kegiatan bakti sosial dan jalan sehat, Senin (1/5/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Jalan Sehat bersama seluruh keluarga karyawan perusahan dan masyarakat, donor darah, sunatan massal, pemberian sembako bagi pekerja rentan, dan lomba yel – yel untuk karyawan perusahaan.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapin, Hj Fauziah, kegiatan  peringatan hari buruh sedunia ini atau dikenal May Day. Pemerintah Kab Tapin bersama gabung perusahaan di tapin menggelar dengan kegiatan sosial dan aksi kemanusian.

“Peringatan hari buruh ini kita bersama perusahaan mènggelar aksi sosial dan kemanusiaan bersama karyawan perusahaan dan masyarakat,” katanya.

Dikatakan Fauziah, untuk kesejahteraan buruh sendiri saat ini tergantung bagaimana pekerja itu sendiri. Tapi saat ini gaji buruh di Kabupaten Tapin sesuai Upah Minimum Kabupaten yakni Rp 3.150.000 bahkan dibeberapa perusahaan lebih dari itu.

“Berharap nantinya semua buruh dapat sejahtera baik secara taraf hidup maupun pekerjaan,” ujarnya.

Pihak dinas tenaga kerja juga mendorong kepada para perusahaan agar dapat secepatnya mendirikan serikat buruh di masing – masing perusahaan.

“Sejauh ini hanya ada beberapa perusahaan saja yang telah mendirikan serikat buruh,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tapin HM Arifin Arpan diwakili oleh Asisten Ekobang setda Tapin, H Errani Martin mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan peringatan hari buruh sedunia di Kabupaten Tapin. Ini menjadi momentum kita untuk melakukan

evaluasi terhadap hubungan pekerja, perusahaan dan pemerintah.

“Hal ini agar para buruh di Kabupaten Tapin dapat lebih sejahtera,” jelasnya.

Menurut Bupati, dengan harmonisnya hubungan industrial maka kelangsungan usaha dan produktivitas akan terjaga yang akhirnya akan menguntungkan semua pihak.

“Hubungan industrial sangat efektif dalam meredam berbagai gejolak dibidang Ketenagakerjaan,” terangnya.

Bupati juga menekankan, bahwa saat ini buruh memiliki tantangan yang perlu dihadapi yakni ketersediaan tenaga kerja. Banyaknya pencari kerja namun tidak dibarengi dengan ketersediaan tenaga kerja yang ada. Sehingga kemampuan atau skill para pekerja perlu ditingkatkan.

Berharap melalui peringatan hari buruh sedunia ini dapat menjadikan para buruh sebagai pendorong agar mampu bersaing dipasar bebas untuk meningkatkan keterampilan, kompetensi, wawasan dan pengetahuan.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan