infobanua.co.id
Beranda Blitar Hari Ke-9 Baru Ada Satu Parpol Yang Mendaftar Bacaleg di KPU Kota Blitar

Hari Ke-9 Baru Ada Satu Parpol Yang Mendaftar Bacaleg di KPU Kota Blitar

DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Blitar menjadi partai politik (parpol) pertama yang mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) Pemilu 2024 di Kantor KPU Kota Blitar, Selasa 09 Mei 2023, pukul 15.15 WIB.

Blitar, infobanua.co.id – DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Blitar menjadi partai politik (parpol) pertama yang mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) Pemilu 2024 di Kantor KPU Kota Blitar, Selasa 09 Mei 2023, pukul 15.15 WIB.

Dipimpin langsung oleh Ketua DPD PKS Kota Blitar, Leo Sudilaksono, mendatangi kantor KPU Kota Blitar untuk mendaftarkan bacaleg-nya untuk Pemilu 2024 mendatang.

Rombongan bacaleg dan simpatisan dari PKS Kota Blitar tiba di KPU Kota Blitar sekitar pukul 15.15 WIB.

Mereka mengendarai motor dan mobil, juga membawa mobil pick-up berisi sound system.

Sesampai di Kantor KPU, rombongan PKS Kota Blitar sempat berbaris dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars PKS.

Seuasi mengisi buku registrasi, perwakilan pengurus DPD PKS Kota Blitar disambut oleh Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam bersama komisioner KPU Kota Blitar.

Kemudisn masuk ke aula yang menjadi tempat pendaftaran bacaleg Pemilu 2024.

Komisioner Bawaslu Kota Blitar juga ikut menyaksikan proses pendaftaran bacaleg oleh DPD PKS Kota Blitar.

“PKS menjadi parpol perdana yang daftar bacaleg Pemilu 2024 di KPU Kota Blitar,” kata Ketua DPD PKS Kota Blitar, Leo Sudilaksono usai mendaftarkan bacaleg di Kantor KPU Kota Blitar.

Menurut Leo, sebagai parpol yang mendaftar pertama di KPU, PKS ingin memberikan pesan kepada warga masyarakat jika PKS sungguh-sungguh mengikuti proses Pemilu 2024, juga ingin ikut mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 agar lebih baik.

“Kami tidak ingin menumpuk mendaftar di akhir, karena dapat membuat KPU sibuk. Kami memilih daftar diawal untuk meringankan kerja KPU,” jlentrehnya.

Lebih dalam Leo menuturkan, jika pihaknya berharap agar proses Pemilu 2024 di Kota Blitar bisa berjalan fair, adil dan transparan.

DPD PKS Kota Blitar mendaftarkan 25 orang bacaleg atau 100% dari jumlah maksimal kursi legislatif pada Pemilu 2024 di Kota Blitar.

“Pesan yang ingin kami sampaikan, adalah membangun ekonomi dan menyapa milenial,” ungkapnya.

Masih menurut Leo, bukti dari pesan membangun ekonomi, PKS membawa caleg dari kalangan Ojek Online (Ojol).

Karena Ojol merupakan representasi untuk memperjuangkan ekonomi masyarakat.

“Pesan kedua, adalah menyapa milenial. Karena hampir 30% bacaleg PKS merupakan kalangan milenial. Jadi anak muda jangan buta politik, harus peduli politik dan ikut terjun dalam proses demokrasi. Milenial juga pemilih terbesar yang mempengaruhi bangsa Indonesia,” terangnya.

Leo menambahkan, disisi lain, DPD PKS Kota Blitar juga memberikan ruang banyak kepada bacaleg perempuan. Ada sekitar 45% bacaleg PKS dari wakil perempuan.

“Untuk target, kalau bisa satu fraksi. Satu fraksi di DPRD Kota Blitar minimal tiga kursi. Sekarang kami punya satu kursi. Satu kursi berkah, kalau satu fraksi lebih berkah lagi,” harapnya.

Sementara Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam mengatakan, sampai sekarang baru satu parpol, yakni PKS yang menyerahkan dokumen administrasi bacaleg Pemilu 2024 di KPU Kota Blitar.

“Sudah dilakukan pemeriksaan dua dokumen dinyatakan lengkap dan benar serta berkas administrasi bacaleg juga dinyatakan lengkap. Untuk kebenarannya akan diperiksa ketika verifikasi administrasi,” kata Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam.

Menurut Choirul, dokumen yang diserahkan secara fisik, yaitu dokumen pengajuan parpol, dokumen pengajuan dan surat persetujuan dari pimpinan pusat parpol.

“Untuk administrasi bacaleg dilihat lengkap di sistem informasi pencalonan (silon), tidak membawa dokumen fisik,” jlentrehnya.

Lebih dalam Choirul menuturkan, beberapa parpol lainnya juga sudah konfirmasi kehadiran mendaftarkan bacaleg di KPU Kota Blitar.

Sesuai informasi, pada hari Rabu 10 Mei 2023, Partai Nasdem dan Partai Hanura akan mendaftar bacaleg di KPU Kota Blitar.

Kemudian pada Kamis 11 Mei 2023, rencananya PDIP dan PPP juga akan daftar bacaleg di KPU Kota Blitar.

Pada hari Jum’at 12 Mei 2023, rencananya PAN dan Partai Gelora, disusul pada hari Sabtu 13 Mei 2023, rencananya Partai Gerindra.

Bagikan:

Iklan