infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI SELATAN Buka Training Center Kafilah MTQ, Bupati HSS Berharap Peserta Ikuti Arahan dan Bimbingan Pelatih

Buka Training Center Kafilah MTQ, Bupati HSS Berharap Peserta Ikuti Arahan dan Bimbingan Pelatih

Training Center (TC), yang dibuka secara resmi oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M. AP dengan diikuti para peserta sebanyak 46 orang, terdiri dari 24 laki-laki dan 22 perempuan, yang mana kegiatan TC ini dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 5-9 Juli 2023 bertempat di Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin

Kandangan, infobanua.co.id –  Guna pemantapan kemampuan dalam meningkatkan upaya pendalaman materi serta penguatan persiapan Qori-Qoriah, yang akan mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXXIV Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023, yang dilaksanakan di Banjarbaru pada tanggal 20 Juli hingga 28 Juli 2023 nanti.

Pemkab HSS bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kab. HSS dan Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Qari/Qariah & Hafiz/Hafizah (PD-IPQAH) Kab. HSS melakukan kegiatan Training Center (TC), yang dibuka secara resmi oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M. AP dengan diikuti para peserta sebanyak 46 orang, terdiri dari 24 laki-laki dan 22 perempuan, yang mana kegiatan TC ini dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 5-9 Juli 2023 bertempat di Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin, Rabu (5/7).

Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M. AP, Kepala Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin Dr. H. Khaeroni, S. Sos, M. Si, Kepala Kemenag HSS Drs. H. M Yamani, M. Pd.I, Ketua LPTQ & IPQAH Prov. Kalsel atau yang mewakili, Ketua Dewan Mesjid Kab. HSS H. Muhammad Thaha, S. Sos, Ketua IPQAH Kab. HSS, Tim Pelatih Provinsi dan Kabupaten dan seluruh peserta TC.

Dalam sambutannya, Bupati HSS H. Achmad Fikry, mengapresiasi kegiatan ini sebagai sebuah proses panjang yang telah dilakukan oleh LPTQ Kab. HSS bersama IPQAH Kab. HSS untuk mempersiapkan Qari-Qariah pada MTQ tingkat Provinsi Kalsel yang akan dilaksanakan dalam bulan Juli ini di Banjarbaru.

Dikesempatan baik ini, Bupati HSS mengucapkan terimakasih kepada Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin sudah berkenan fasilitasi tempat pelatihan TC, “Terimakasih juga para pelatih tingkat Provinsi Kabupaten dan para pengurus IPQAH Provinsi/Kabupaten yang tentu akan mengawal Qari-Qariah agar lebih matang menghadapi MTQ tingkat Provinsi Kalsel”,tambahnya.

Bupati HSS juga mengatakan mudah-mudahan selama beberapa hari ini, menjadi penguat atas apa yang telah Qari-Qariah persiapkan. “MTQ sasaran sementara, yang sesungguhnya adalah kita memberikan nilai nilai Al Quran untuk kebaikan dan keberkahan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan”,ungkapnya.

“Kita berharap nanti banyak informasi yang disampaikan para pelatih dan tugas Qari-Qariah tinggal mengikuti semua bimbingan arahan dan yang disampaikan pelatih, karena bagaimana pun juga kemampuan kita terus ditingkatkan yakni salah satunya dengan kegiatan training center”,kata Bupati.

Bupati HSS berpesan setelah kegiatan TC ini selesai, tentu tugas para Qari-Qariah agar menjaga fisik dan mental untuk menghadapi MTQ tingkat provinsi nanti.

“Berikan yang terbaik, mudah-mudahan prestasi pernah diukir para angkatan terdahulu bisa dihasilkan Qari-Qariah yang sekarang, Pemda akan mendorong dan memfasilitasi kelancaran kegiatan TC dan kesiapan mengikuti MTQ nanti di tingkat provinsi di Banjarbaru”,kata Bupati didepan peserta TC.

Rincian jumlah peserta Training Center :

Jumlah peserta 46 orang;

laki laki : 24 Orang;

permpuan : 22 Orang;

cabang Tilawah : 6 Orang;

Tartil : 2 Orang;

Tahfizd : 8 Orang;

Qiraat : 4 Orang;

Tafsir : 2 Orang;

Hapalan Hadits : 2 Orang;

Fahmil Qur’an : 6 Orang;

Syarhil Qur’an : 6 Orang;

Khattil Qur’an : 8 Orang.

Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an : 2 Orang

Pelatih dari Kab. HSS : 11 Orang

Pelatih dari Provinsi : 11 Orang

Fad/IB

Bagikan:

Iklan