infobanua.co.id
Beranda KALTIM Seminar Akhir Pembuatan Naskah Akademik dan Raperda Tentang Ketahanan Pangan

Seminar Akhir Pembuatan Naskah Akademik dan Raperda Tentang Ketahanan Pangan

Dalam seminar ini diikuti instansi terkait, dan menghadirkan nara sumber dari Unmul Samarinda, Bernatal Saragi. Foto: (Spesial)

BERAU, infobanua.co.id – Staf Ahli Pembangunan dan Ekonomi Pemkab Berau, Sujadi, membuka Seminar Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Ketahanan Pangan di ruang Sangalaki Kantor Setda Berau, Senin (29/5).

Dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Berau salah satu wilayah penyangga pangan bagi IKN, sehingga perlu upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan produksi pangan, memastikan ketersediaan pangan yang beragam, aman, dan bergizi bagi konsumsi masyarakat, mewujudkan harga terjangkau, memudahkan akses pangan, terutama bagi kelompok masyarakat rentan.

Pemkab Berau perlu bersama segenap perangkat terkait melakukan upaya yang terbaik.

“Kita juga perlu memastikan peningkatan nilai tambah dan daya saing komoditas pangan, meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pangan yang layak, meningkatkan kesejahteraan petani, nelayan, dan pelaku usaha pangan, serta melindungi dan mengembangkan kekayaan sumber daya pangan, khususnya di Bumi Batiwakkal,” ungkap Sujadi.

Sujadi menyambut, baik atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai langkah memberikan kepastian hukum dalam pelaksanaan agenda-agenda ketahanan pangan ke depan. Yang mana, melalui naskah akademik ini tentunya memuat hasil kajian berupa landasan dan sasarannya agar kemudian dapat disampaikan menjadi sebuah Peraturan Daerah (Perda).

Pemkab Berau memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan optimalisasi sektor hilir sumber daya, dan pertanian dalam arti luas yang berbasis kerakyatan dengan perluasan lapangan kerja, serta pengembangan usaha berbasis pariwisata dan kearifan lokal.

“Kemudian, kami juga telah merumuskan Perbup Tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kabupaten Berau. Yang mana tujuannya adalah memastikan kondisi ketersediaan lahan pangan kita ke depan agar terus berlanjut dan mensejahterakan,” tegasnya. (Slf/Adv)

Bagikan:

Iklan