infobanua.co.id
Beranda Health Melalui Prolanis, Kesehatan Usia Senja Bisa Terjaga

Melalui Prolanis, Kesehatan Usia Senja Bisa Terjaga

Roenijanto Gunawan (66) merupakan salah satu peserta JKN-KIS yang mengapresiasi terhadap program prolanis yang dicanangkan oleh BPJS Kesehatan.

Banjarmasin, infobanua.co.id – Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pesertanya. Selain memastikan seluruh peserta mendapatkan pelayanan kesehatan saat dirinya mengalami sakit, BPJS Kesehatan juga berusaha menjaga dan merawat kesehatan setiap pesertanya, yakni melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) melalui Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Program ini merupakan wujud nyata dari upaya promotif dan preventif yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan sebagai bagian dari Program JKN. Roenijanto Gunawan (66) merupakan salah satu peserta JKN-KIS yang mengapresiasi terhadap program prolanis yang dicanangkan oleh BPJS Kesehatan.

“Menurut saya ini adalah program yang sangat baik dan efektif, terlebih terhadap kalangan peserta di usia seperti saya ini, semakin bertambahnya umur seseorang semakin mudah dirinya untuk terserang penyakit terutama penyakit kronis akibat bawaan perilaku hidup yang kurang sehat. Melalui program ini kami dapat lebih mengontrol kondisi kesehatan kami dibantu dengan tenaga medis yang memang berkompeten sehingga kualitas hidup sehat di usia kami tetap bisa terjaga.” Ujar Roenijanto.

Menurut Roenijanto banyak manfaat yang bisa ia dapat melalui program Prolanis ini, mulai dari edukasi kesehatan, senam sehat yang rutin bisa dirinya dan istrinya ikuti, hingga pemeriksaan kesehatan rutin bisa dilakukannya.

“Awalnya memang kami agak malas untuk mengikuti program ini, tapi kami sadar namanya sudah lanjut usia daya tahan tubuh sudah tidak sebagus waktu muda, perlunya kontrol rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan kita. Dan untungnya JKN-KIS memiliki program seperti ini, dengan berbagai program menarik yang disajikan oleh fasilitas kesehatan ditambah dilakukan bersama dengan peserta lainnya, menambah semangat kami untuk rajin mengontrol kesehatan kami.” Tambah Roenijanto.

Di akhir perbincangan Roenijanto mengajak peserta lainnya terutama untuk kalangan lansia dan yang memiliki riwayat penyakit kronis agar bisa rajin mengontrol kesehatannya dan menjaga pola hidup sehat.

“Program JKN sudah berusaha memberikan kemudahan bagi pesertanya untuk mendapatkan taraf kesehatan yang lebih baik, bersyukur dengan adanya JKN-KIS kondisi kesehatan kita para lansia bisa lebih diperhatikan. Hanya tinggal kesadaran dari diri kita lagi untuk tetap semangat menjaga pola hidup sehat dan memanfaatkan program yang ada agar taraf kualitas hidup kita tetap baik.” Tutup Roenijanto.

 

Bagikan:

Iklan