infobanua.co.id
Beranda Daerah Menjelang Hari Pemungutan Suara, Bawaslu Pessel Gelar Rapat Pemungutan Kapasitas dan Pelatihan Saksi

Menjelang Hari Pemungutan Suara, Bawaslu Pessel Gelar Rapat Pemungutan Kapasitas dan Pelatihan Saksi

Rapat Pemungutan Kapasitas dan Pelatihan Saksi Peserta Pemilu oleh Bawaslu Pessel. (Indra Yen)

infobanua.co.id, Pesisir Selatan – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan Rapat Pemungutan Kapasitas dan Pelatihan bagi seluruh saksi peserta pemilu di tingkat Kecamatan didaerah tersebut.

Kegiatan itu diadakan di Aula Pertemuan STAI Balai Selasa, Kecamatan Ranah Pesisir, pada Selasa 6 Februari 2024, dan dihadiri dan dibuka oleh Komisioner Bawaslu Pessel Syafrizal, dan Panwascam Ranah Pesisir, dan Prokopimda Kecamatan setempat.

Kemudian turut dihadirkan dua orang pemateri Toni Marsi, SH, MH, Mkn dan Khairul Anwar, SH, MH. Kemudian juga hadir ratusan saksi Peserta Pemilu dari tiga Kecamatan yaitu Linggo Sari Baganti, Ranah Pesisir dan Lengayang.

Komisioner Bawaslu Pessel Syafrizal mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai pembekalan dan persiapan bagi saksi-saksi nantinya saat bertugas di TPS selama proses pencoblosan sampai penghitungan suara.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan saksi-saksi para peserta pemilu paham dengan tugas, kewajiban dan perannya selama proses pemungutan suara di TPS pada 14 Februari mendatang,”kata Syafrizal dalam sambutannya.

Ditambahkannya, untuk meningkatkan kapasitas dan pelatih saksi saat ini, Bawaslu mendatangkan dua orang pemateri yang faham serta memiliki pengalaman dan pengetahuan luas terkait pemilu.

“Ada dua orang pemateri disiapkan untuk pembekalan saksi hari ini yang akan memberikan materi dan bekal kepada saksi nantinya saat proses pemungutan suara nanti,”ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan peningkatan kapasitas dan pelatih saksi tersebut diadakan untuk seluruh saksi peserta pemilu yang ada di kecamatan di Pesisir Selatan.

“Pelatihan ini untuk seluruh saksi peserta pemilu di seluruh kecamatan. Cuman di kegiatan kali ini untuk tiga kecamatan yaitu Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti dan Lengayang,” tutupnya.

IB

Bagikan:

Iklan