infobanua.co.id
Beranda TANAH BUMBU Wabup Tanbu,Dandim, Danrem .TMMD Sinergitas TNI Bersama Pemerintah Daerah

Wabup Tanbu,Dandim, Danrem .TMMD Sinergitas TNI Bersama Pemerintah Daerah

Usai upacara pembukaan TMMD , Wakil Bupati HM.Rusli

BATULiCIN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mendukung sepenuhnya kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 tahun 2024.

Kegiatan ini akan berlangsung sejak 08 Mei hingga 06 Juni 2024 dengan lokasi Desa Karang ReJo Kecamatan Karang Bintang.

Usai upacara pembukaan TMMD , Wakil Bupati HM.Rusli menyampaikan, Program yang dilaksanakan ini adalah salah satu bentuk sinergi Pemerintah Daerah dengan TNI dalam rangka membangun daerah.

Menurutnya, membangun Daerah tidak hanya Pemerintah Daerah namun TNI turut mengambil bagian serta mendorong, membantu percepatan pembangunan yang ada di daerah tersebut.

“Hal ini adalah sesuatu yang luar biasa dan positif demi membantu masyarakat yang ada di desa,” kata Wabup disaat wawancara dengan awak media.

Dikesempatan itu, Dandim.1022 Tanbu Boni Berdian mengatakan. TMMD tahun 2024 ini memprioritaskan perbaikan jalan sepanjang 5 kilometer.hal itu berdasarkan usulan dari masyarakat dengan dasar adanya kerusakan di jalan tersebut.

Bahkan lanjutnya, kondisinya dihadapkan oleh kendala warga saat membawa hasil panen maupun sawit dan karet.

“Bukan itu saja ,anak anak sekolahpun melewati jalan itu jadi agak susah,sehingga ada usulan untuk mereka agar sedianya komandan Kodim melaporkan kepada pemerintah daerah untuk diperbaiki,” terangnya.

“Dengan dilaksanakannya TMMD ini maka jalan akan diperbaiki sepanjang 5 kilometer dan, diperkeras sekaligus dilebari , sehingga aman saat diguyur hujan dan tidak becek lagi,” tuturnya.

Sambungnya Sasaran fisik tambahan yang dilakukan yakni rehabilitasi mesjid dan membuat MJK serta perbaikan rumah yang tidak layak huni.

“Rumah yang tidak layak huni kita perbaiki sehingga melalui TMMD ada dampak positif yang dirasakan masyarakat atas kehadiran pihak Kodim 1022 disana,” ungkapnya.

Namun lanjutnya ,hal ini tidak lepas dari bantuan Pemerintah Daerah atas sumbangsih dana demi berlangsungnya TMMD.

Dia menjelaskan , personil yang diturunkan sebanyak 150 anggota yang terdiri dari Batalion 623 kemudian dari Kodim 1022 ,dari polres ,Lanal serta melibatkan 50 warga tiap hari untuk bekerja sama sama.

“Dengan demikian semuanya bisa berjalan maksimal dan manunggal TNI dengan rakyat itu kita dapatkan.”paparnya.

Senada disampaikan Danrem 101 Antasari, Brigjen TNI Ari Aryanto.
TTMD ini dilaksanakan setiap tahunnya, tak hanya sasaran infrastruktur,namun kegiatan ini juga memprioritaskan air bersih untuk mengatasi kesulitan masyarakat.

“Padahal di lokasi Desa Karang Rejo itu di tahun 2020 sudah dibangun tower penampungan oleh pemerintah untuk menaikan air dari ujung sampai dengan kampung karang Rejo . Namun di depan towernya sendiri tak ada air bahkan mereka harus beli seharga 3 ribu dalam 1 dirigen. Semoga dalam waktu dekat ini bisa diselesaikan,”ucapnya.

Selain itu sasaran pembangunan juga memuka akses jalan yang menghubungkan satu desa ke desa lainnya sepanjang 5400 meter.

“Ini nantinya akan memotong jalur hubungan satu desa ke desa yang awalnya jauh ,jadi ini akan mempersingkat waktu.,”pungkasnya. (. )

Bagikan:

Iklan