infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Kapolres HSU Temui Guru Danau

Kapolres HSU Temui Guru Danau

Amuntai, BARITO

Keberadaan ulama kharismatik asal Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) K‎H. Asmuni atau yang lebih dengan sebutan Abah Guru Danau. Ulama ini memiliki puluhan ribu pengikut yang tersebar di wilayah kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan. Bahkan hingga provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. 

Tidak sedikit pula para pejabat mulai dari kepala daerah setingkat gubernur maupun bupati dan walikota dapat pengakuan sebagai anak angkatnya. Begitu juga dari kalangan politisi dan militer seperti TNI dan Kepolisian menjadikan beliau sebagai panutan.

Berkat nasehat dan petuah yang diberikan beliau membuat pejabat ‎meroket. Berbagai prestasi hingga jabatan empuk berhasil digenggam. Terkadang beberapa pejabat yang menempati posisi baru di HSU melakukan kunjungan dan bersilaturahmi dengan abah guru danau. Salah satunya adalah Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan dan diawal jabatannya langsung berkunjung ke rumah abah guru danau, Jum’at (28/8) tadi.

Usai salat jum’at dengan membawa sejumlah pejabat utama di polres HSU, seperti Wakapolres Kompol Irwan, Kabagren AKP Agus Tamzid, Kabag Sumda AKP H. Selamte Hari Wibowo, Kasat Reskrim Iptu M. Andi Patinasarani, SH, Kasat Lantas Iptu Jumadiono, Kasat Narkoba Iptu Siswadi, SH dan Kapolsek Danau Panggang H. Momo Jon Rodok,  Kapolres diterima abah guru danau di kediamannya di RT 01 desa danau panggang. Sambutan ramah penuh kebapaan membuat kapolres tidak sungkan untuk mengungkapkan maksud kedatangannya.

“Alhamdulillah kami semua dapat bersilaturahmi dengan beliau (abah guru danau). Silaturahmi ini merupakan konsep saya ketika bertugas dimanapun juga,” ujarnya.

Kapolres mengaku di hadapan abah guru danau memperkenal diri sebagai kapolres HSU menggantikan pendahulunya AKBP Pipit Subiyanto, SIK, MH. Sekaligus memohon dukungan dan do’a Allah SWT agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Sambutan beliau sangat ramah dan waktu sekitar 50 menit hampir tidak terasa karena beliau banyak memberikan nasehat yang sangat bermanfaat,‎” tambahnya.

Kapolres juga menyampaikan perintah Kapolda Kalsel dalam menyikapi suasana pandemi Virus Corona (Covid-19). Kemudian kesiap siagaan antisifasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Serta menghadapi pilkada gubernu dan Wakil Gubernur Kalsel di HSU dengan harapan situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif.

“Respon beliau (abah guru danau) sangat baik sekali terkait perintah Kapolda Kalsel. Beliau juga mendoakan kesuksesan sebagai Kapolres dan menjadi kapolres lagi di Surabaya,” tegasnya.

Usai bersilaturahmi dengan abah guru danau, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian pamplet dan masker. Pembagian pamplet dan masker ini langsung dipimpin Kapolres dan diikuti seluruh rombongan dengan sasarannya adalah para santri Ponpes Darul Aman yang berada di sekitar kediaman abah guru danau.  

Fai/IB

Bagikan:

Iklan