infobanua.co.id
Beranda Berita Covid19 Pandemi Covid-19, Pemkab HSU Dorong IKM di HSU Tetap Produktif

Pandemi Covid-19, Pemkab HSU Dorong IKM di HSU Tetap Produktif

Amuntai – Dimasa pandemic covid-19 Pemkab Hulu Sungai Utara melakukan pembinaan kepada para pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM). Dengan menggencarkan pelatihan  untuk mengarahkan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik serta dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Dengan memberikan pengarahan, melatih, serta mendidik masyarakat agar memiliki pengetahuan, pengalaman serta kreatifitas untuk mengembangkan kehidupannya.

“Industri Kecil Menengah (IKM) pembuatan pelkindung muka (face shield) yang ada di Kabupaten HSU merupakan salah satu kegiatan industri yang dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat,” kata Bupati HSU Abdul Wahid didampingi Disperindagkop dan UKM Kabupaten HSU, H Akhamad Redani Effendi, Selasa (20/10/2020).

Kata bupati, 500 face shield ini merupakan hasil dari bimtek yang dilaksanakan Disperindagkop dan UKM Kabupaten HSU, bekerja sama dengan Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian RI dan Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan kepada sejumlah Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten HSU.

Sementara, Disperindagkop dan UKM Kabupaten HSU, H Akhamad Redani Effendi mengatakan,  sesuai arahan Bupati, pelindung wajah atau face shield hasil karya mereka (IKM) diberikan untuk para pedagang makanan di pasar tradisional untuk membantu melindungi covid-19.

“Hasil kerajinan ini selayaknya dapat diberikan apresiasi dengan memberikan nilai nominal uang kepada para perajin. Agar, kembali dijadikan modal oleh para perajin untuk membeli bahan baku pembuatan face shield ini,” katanya.

Menurut Efendi, selama sekitar 5 hari pengerjaan, pihaknya melibatkan 5 IKM yang ada di Kabupaten HSU dengan menyiapkan bahan yang bersumber dari dana Diklat Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian RI.

Melalui pengembangan dan dengan modal bahan pembuatan sekitar Rp 17.500, ia memastikan produksi pembuatan fice shield ini nantinya akan memberikan keuntungan kepada IKM.

Rel/hms

#satgascovid19#ingatpesanibu#pakaimasker
#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan
#cucitanganpakaisabun#infobanua#dewanpers

Bagikan:

Iklan