infobanua.co.id
Beranda Berita Covid19 Kemenkes Bantu Ventilator Covid-19 untuk RSUD Pambalah Batung Amuntai

Kemenkes Bantu Ventilator Covid-19 untuk RSUD Pambalah Batung Amuntai

AMUNTAI – Dua set ventilator akan menambah kelengkapan ventilator yang ada di RSUD Pembalah Batung saat ini mempunyai delapan set ventilator. Ventilator bantuan dari Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Provinsi Kalimantan Selatan ini adalah ventilator yang mempunyai kualitas tinggi, buatan Amerika Serikat (USA). Dua  ventilator yang diterima merupakan apresiasi dari jajaran Kementerian Kesehatan dan perhatian ke  Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Senin (19/10/2020).

Bupati Hulu Sungai Utara Drs H Abdul Wahid HK, MM, MSi, bersama Direktur RSUD Pambalah Batung  Amuntai dr M Yandi Friyandi, menerima dua set ventilator bantuan dari Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Provinsi Kalimantan Selatan di RSUD Pembalah Batung Amuntai.

Abdul Wahid mengatakan, Pemerintah Kabupaten  HSU terus berusaha memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat, apalagi dimasa pandemi Covid-19. Diharapkan bantuan yang diberikan dapat dipergunakan sebaik-baiknya, dalam upaya meningkatan pelayanan kesehatan.

“Terima kasih kepada Kementerian Kesehatan RI, Serta, semoga alat dapat membantu meningkatkan kemampuan rumah sakit dalam menangani berbagai gangguan kesehatan, terutama bagi pasien Covid-19,” ujarnya.

Sementara Direktur RSUD Pambalah Batung  Amuntai, dr Yandi Friandi, menjelaskan, ventilator di masa pandemi ini sangatlah diperlukan. Karena, ventilator adalah mesin yang berfungsi untuk menunjang atau membantu pernapasan. Dengan adanya bantuan ventilator ini maka pelayan kepada pasien akan lebih baik lagi.

“Ventilator sering kali diperlukan oleh pasien yang tidak dapat bernapas sendiri, baik karena suatu penyakit atau karena cedera yang parah. Tujuan penggunaan alat ini adalah agar pasien mendapat asupan oksigen yang cukup,” jelasnya.

“Dengan  ventilator, pasien yang sulit bernapas secara mandiri dapat dibantu untuk bernapas dan mendapatkan udara layaknya bernapas secara normal. Mesin ventilator akan mengatur proses menghirup dan menghembuskan napas pada pasien. Ventilator akan memompa udara selama beberapa detik untuk menyalurkan oksigen ke paru-paru pasien, lalu berhenti memompa agar udara keluar dengan sendirinya dari paru-paru,” ungkapnya.

Fai/IB

#satgascovid19#ingatpesanibu#pakaimasker
#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan
#cucitanganpakaisabun#infobanua#dewanpers

Bagikan:

Iklan