PLKB HSU Diberi Kendaraan Operasional

  • Whatsapp

AMUNTAI – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Hulu Sungai Utara (HSU) menerima bantuan 30 unit sepeda motor. Seluruh kendaraan ini diperuntukkan sebagai kendaraan operasional bagi Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) se HSU.

Secara simbolis penyerahan kendaraan ini dilaksanakan Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M. Si Rabu (21/10/2020) kemaren di Halaman Aula KH. Dr. Idham Chalid amuntai.

Disela penyerahan ‚Äétersebut Kepala DPPKB HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah, MAP mengatakan bahwa kendaraan yang diserahkannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) milik Pemerintah Pusat. Menurutnya jumlah total DAK sebesar Rp750 juta rupiah untuk dibagikan kepada seluruh PLKB se HSU.

“Untuk meningkatkan kinerja seluruh PLKB, semuanya kita berikan sepeda motor. Akan tetapi khusus untuk Kecamatan Paminggir mendapatkan bantuan satu buah speed boat,” katanya.

Kenapa untuk wilayah kecamatan paling ujung HSU ini diberikan speed boat dengan kapasitas enam orang. Karena seluruh wilayah tersebut umumnya ditempuh dengan menggunakan angkutan air.

“Speed boat berkapasitas digunakan bukan hanya untuk penyuluhan saja tetapi untuk antar jemput pasien juga,” terangnya.

Selanjutnya Anisah berharap adanya kendaraan operasional ini semakin menambah semangat dan memberikan kekuatan kepada seluruh PLKB HSU dalam menjalan tugas. Hal ini sejalan dengan apa yang diharapkan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan dalam menunjang komitmen “Haragu Banua”.

“Kami menerapkan kepada masyarakat untuk memilih Metode Kontrasepsi Jangka Panjang. Jadi yang semula memakai Metode Kontrasepsi Jangka Pendek seperti pil dan suntik, maka kita ajak untuk beralih ke IUD, implan, dan Metode Operasi Pria (MOP),” tegasanya.

Fai/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *