infobanua.co.id
Beranda KALTARA Kamaruddin Resmi Memimpin Asosiasi Pengusaha Dan Pedagang Rumput Laut Nunukan

Kamaruddin Resmi Memimpin Asosiasi Pengusaha Dan Pedagang Rumput Laut Nunukan

Nunukan – Dalam pemilihan Ketua Asosiasi pengusaha Pegangan Rumput laut Nunukan berlangsung di Caffie Magaya di Depan Pom Bensin Lama.

Dalam Pemilihan Ketua Asosiasi ada Tiga Kandidat yang diusung oleh Rekan Rekab Pengusaha pedangang Rumput Laut diantaranya H.Joko kedua H.Kamaruddin mantan ketua Lama dan Ketiga Kamaruddin yang lasim disebut Bang Komar.

Dalam pemilihan ketua Asosiasi yang dimoderator oleh Ir.H.Suhadi S.Hut.
M.si juga kepala dinas Perikanan sehingga pemilihan ketua Asosuasi berjalan dengan aman dan KAMARUDDIN terpilih secara Aklamasi suara terbanyak.

Pemilihan Ketua Asisiasi Pedagang Rumput Laut sangat istimewa karena dihadiri Pemerintah Daerah yang diwakilkan kepada Ir.H.Suhadi S.Hut Kepala dinas Perikanan kabupaten nunukan juga hadir Pihak Pilres Nunukan yang diwakilkan kepada Iptu Alimin Jabatan Kapolsek KPPP Pelabuhan Nunukan didampingi Iptu Edi, Hadir Juga Nardi Azis Mantan Ketua DPRD Nunukan, Feri Mantan Anggota DPRD nunukan juga Hadir AKP Eka Berlin Ibrahim Mantan Kapolsek Kawasan Pelabuhan (KPPP) dan sejumlah Pengusaha Rumput laut nunukan yang tidak bisa disebut namanya satu Persatu.

Menurut Feri Anggota Asosiasi pedagang rumput laut mengatakan bahwa yang sebenarnya sudah direncanakan beberapa bulanģ yang lalu karena masa dan kepengurusanya dari rekan-rekan pengusaha rumput rumput laut baru ini ada kesempatan untuk rapat pembentukan ketua baru.

kedua sekarang sudah terbentuk ketua baru tinggal menjalankan visi misinya kedepannya dan membuat aturan-aturan yang menyusul bagian lainya.

salah satunya anggaran dasar rumah tangga dan aturan-aturan yang lainnya harapan kita untuk tugas baru adalah bagaimana mengakomodir semua aspirasi bagi pengusaha rumput laut yang ada di Nunukan dan menjaga kekompakan termasuk persoalan kualitas rumput laut dan harga rumput laut dengan adanya asosiasi ini sangat bermanfaat buat petani rumput laut di mana bisa menjaga harga tetap stabil.

Peran pemerintah dalam asosiasi sebagai pengawas dalam bentuk kualitas rumput laut sesuai yang diinginkan oleh pabrik pabrik.

ada beberapa kendala ketika keadaan seperti ini yaitu persoalan tentang kualitas ini adalah fungsi adanya asosiasi untuk menjaga kualitas di petani rumput laut dan memberikan pemahaman kepada petani bahwa dengan keadaan seperti ini konsentrasi yang bisa masuk great.

Pemerintah dengan Asosiasi sangat Saling sinergi dan kita semua melibatkan semua stakeholder yang ada di Kabupaten bukan termasuk dengan pemilik kapal dengan agen kontainer dan kp3, KPLP, Karangtina, Pelindo selaku pengelola Pelabuhan, Kantor Perijinan Terpadu, Dinas Perdagangan. dinas Perikanan semua yang terlibat di pelabuhan termasuk Dinas Perdagangan juga harus ikut andil dalam rumput laut ini.

Kalau hitungan kita dalam satu bulan pengiriman ke luar daerah itu lebih dari 3000 ton, kalau seminggu bisa lebih dari 5000 karung 5000 karung itu dikali 100 sudah melebihi 5000 ton.

Untuk Nunukan kwalitas kuantitasnya sangat besar sehingga hampir semua pabrik yang ada di di Indonesia mengambil rumput laut dari Nunukan, kita juga termasuk salah satu penghasil rumput laut terbesar di Indonesia jadi memang harus terbentuk itu asosiasi rumput laut.

Feri Mantan Anggota DPRD kabupaten Nunukan juga Anggota Asosiasi Berharap kepada Ketua Terpilih Kamaruddin Alias (Komar) Semoga bisa mengakomodir aspirasi dari pedagang rumput laut termasuk petani rumput laut dan menjaga kualitas rumput laut serta Menjaga harga rumput laut dipertahankan ketika turun bagaimana kita berpikir supaya tetap bertahan dan ketika naik ini yang harus diperjuangkan oleh ketua anggota Asosiasi.

Jadi saat ini saya bersama dengan Pak Komarudin selaku ketua Asosiasi rumput laut yang baru Jadi bagaimana kronologis pemilihan yang ini pak?

Kalau saya lihat sudah sangat luar biasa soalnya dihadiri ada beberapa pedagang pedagang rumput laut baik dari perikanan maupun dari kepolisian jadi sarasa tinggal apa namanya di Bagaimana asosiasi
rumput laut ini bisa lebih baik daripada yang lalu-lalu,dan juga semoga teman-teman nanti ini bisa membantu membackup kami selaku ketua dan anggota Asosiasi pedagang rumput laut, baik saya libatkan dari aparat bahkan dari dinas dinas nya.

Mungkin tugas yang paling berat untuk bapak yaitu mempertahankan kualitas serta harga rumput laut yang ingin dipasarkan ke luar negeri, apa yang akan Bapak lakukan?

Mungkin Tata niaganya pedagang-pedagang kita Perlu diperbaiki soalnya selama ini, tata niaga itu saya lihat kayaknya belum ada jadi pembelian pembelian mungkin sudah diperbaiki kualitasnya terus banyak lagi pedagang-pedagang dari luar masuk akhirnya kualitas itu bisa merusak, sedangkan yang menurunkan kualitas rumput laut itu adalah dari kadar air kita, mungkin itu yang kita paling sangat penting supaya pedagang-pedagang rumput laut walaupun pedagang lokal yang ada di Nunukan dan yang masuk itu sepakat nya kita kerjasama sama asosiasi pedagang rumput laut.

Bapak ini sangat dalam pemilihan ini betul-betul sangat istimewa karena dihadiri kepala dinas, Kapolsek dan beberapa orang-orang penting yang termasuk Nardi orang-orang mantan ketua DPR bisa menghadiri agenda seperti mungkin harapan Bapak apa yang harus dilakukan dalam menjalankan amanah ini, karna yang dibina ini bukan hnya beberapa orang aja tapi kan puluhan ribu manusia yang merupakan tanggung jawab bapak?

Yang pertama saya minta teman-teman artinya kerjasamanya dengan baik membantu menjalankan tugas ini tadi asosiasi pedagang rumput laut makanya itu ada bahasa kami tadi harus kita libatkan dari aparat kepolisian dari Dinas Perikanan mungkin dari prosedur juga nanti saya akan merencanakan Nanti rapat Berikutnya ini undang semua yang terlibat seperti di pelabuhan mungkin dari buruhnya dari Pelindo nya semua saya undang di situ dari beberapa departemen yang terlibat di dalamnya Kp3 maupun dari perizinan dapat melakukan koordinasi. Memang saya libatkan ini semua pihak yang bisa masuk di dalamnya asosiasi.

memimpi suatu organisasi termasuk memimpin pedagang Rumput laut nunukan kurasa tidak berat yang penting kita saling kordinasi komunikadi yang baik adapun masalah kita harus pecahkan bersama dan mencari solusi yang baik.ujar Komaruddin.

Saya rasa itu tidak akan jadi berat karena kita libatkan banyak intansi yang bisa bekerja sama dalam hal ini.

Untuk bendahara dan seketaris sudah ditunjuk dan ada juga pendamping seketaris dan bendahara.

saya berharap nantinya ada pendamping ketua karna walaupun saya ketua tapi perlu adanya pembinaan dari Intansi terkait maupun Rekan Rekan Pedagang lainya.(Yuspal)

Bagikan:

Iklan