infobanua.co.id
Beranda KALTARA Polsek KSKP Sinergitas Intansi Terkait Dalam Kawasan Pelabuhan Menghadapi Natal Dan Tahun Baru

Polsek KSKP Sinergitas Intansi Terkait Dalam Kawasan Pelabuhan Menghadapi Natal Dan Tahun Baru

Nunukan, infobanua.co.id – Iptu Alimin Komandan Kapolsek Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) sudah berjalan memulai tugas ini kurang lebih sebulan insya Allah dengan kondisi yang ada mulai dari sarana dan prasarana yang kita miliki ke depan untuk lebih memperbaiki dan meningkat yang sudah dicapai selama ini Alhamdulillah untuk situasi Kantimas di dalam wilayah hukum Polsek KP3 baik dari pelabuhan besar (Tunon Taka) maupun dari pos-pos yang menjadi tanggung jawab seperti Pelabuhan Lamijung, Dermaga Sei Bolong.

Tugas dan Fungsi Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Sebelumnya bernama KPPP fungsi Utamanya adalah membantu Administrator dalam menyelenggarakakeamanan didalam daerah Pelabuhan sepanjang mengenai tata tertif umum dalam rangka pendayagunaan dan pengusahaan.

KSKP secara Taktis operasional berada dibawah Administrator Pelabuhan dan Secara Hirarkhis fungsional serta tehnis Polisi tetap berada dibawah kesatuan Induknya yakni Polres.

Iptu Alimin Menjelaskan bahwa personil yang kita miliki pada saat ini sebanyak 37 orang personil dengan kekuatan yang ada dan sarana yang kita miliki insya Allah bisa memaksimalkan tugas-tugas kepolisian khususnya dalam Kawasan pelabuhan yang dan pencegahan- pencegahan termasuk kriminal selama ini sangat- sangat minim.

Mudah-mudahan saya selaku pejabat baru dapat meneruskan Program pejabat KSKP Sebelumnya saya usahakan untuk tingkatkan dengan kerjasama yang beberapa instansi yang terkait dalam pelabuhan, kita harus bersinergi semua pihak untuk mencegah atau melayani penumpang kedatang maupun yang berangkat Insyak Allah semuanya kita memaksimalkan untuk pelayanan kepada masyarakat.

Kemudian ada beberapa program Polsek KP3 seperti rumah singgah rumah belajar, tapi karena dengan kondisi Covid selama ini yang untuk sementara di kesampingkan mudah-mudahan nanti pada tahun 2021 ke depan ini dan situasi wabah covid dapat berubah atau kehidupan normal kembali.

Iptu Alimin selaku kapolsek KSKP yang baru bahwa Sebagai Pihak Pengamanan dalam pelabuhan kita utamakan Koordinasi untuk semua instansi ada dalam pelabuhan terutama menjelang angkutan laut menjelang Natal dan tahun baru 2021 berapa hari yang lalu kita sudah laksanakan rapat koordinasi dan pembentukan Satgas Pos angkutan Natal dan tahun baru yang dipelopori oleh Pelaksana KSOP Nunukan,
dan semua instansi yang ada dalam pelabuhan dengan menjelang Natal dan tahun baru yang di dimotori oleh KSOP Nunukan sudah dilakukan rapat koordinasi.

Nama satgasnya itu Natura (Satgas Natal dan Tahun baru 2020-2021 itu akan berlangsung selama 1 bulan.

Jadi mulai tanggal 8 Desember sampai tanggal 8 Januari 2021 itu masa bekerjanya satgas yang sudah dibentuk nanti melalui koordinator kepala KSOP Samandar Nunukan.

Satgas ini bertugas terutama masalah menyangkut masalah kemanusiaan jadi yang penumpang – penumpang nanti baik yang kedatangan maupun yang keberangkatan Semua harus dilakukan Pemeriksaan Tes Rafid terkait penyebaran wabah covid- 19 mungkin ada indikasi jafu disitu peranan Penting kesehatan pelabuhan.

Lanjud Iptu Alimin Jadi kalau untuk pembinaan terutama yang ada di lingkup pelabuhan selama ini kita sudah lakukan semua instansi memperhatikan protokol kesehatan yang sudah dicanangkan baik langsung dari pak presiden begitu juga ke bawah ini semua instansi Mabes Polri, Polda, Polres hingga tingkat bawa Polsek. selalu memberikan himbauan kepada pelaku pelaku atau instansi-instansi yang ada di dalam pelabuhan baik penumpang yang kedatangan maupun Penumpang berangkat.

Selama ini kita selalu memberikan imbauan dan penekanan untuk memperhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan wabah covid-19.

Saat ditanya kerjasama yang dibangun Polsek dengan intansi yang ada didalam pelabuhan?

Iptu Alimin, Jadi kalau kasus-kasus yang ditangani oleh Polsek KP3 selama ini kita tangani langsung oleh Kapolsek KP3 yang jelas untuk kasus-kasus yang menonjol ya masih belum ada selama sebulan Penuh saya memimpin sebagai Kapolsek KSKP
Tapi kalau seandainya pengalaman kasus-kasus selama ini kita proses lalu kita serahkan ke polres untuk ditindak Lanjuti.

Apa harapan Komandan KP3c kepada penguna jasa kepelabuhanan

menurut Alimin Selaku Kapolsek KP3 yang baru sebulan menjabat bahwa Semua masyarakat yang ada dbulan pelabuhan terutama buru-buru TKBM termasuk yang masyarakat yang istilahnya penjual-penjual ini kan yang ada di dalam pelabuhan yang mungkin mencari nafka atau sesuap nasi kita tertibkan karena sesuai dengan kerjasama dengan dari Pelindo maupun dari Pelni itu menginginkan bahwa pedagang pedagang kaki lima boleh beraktivitas mencari nafka tetapi ini tidak ada yang naik di kapal melakukan penjualan berbeda dengan pelabuhan lain ujar Iptu Alimin.

selain pedagang kaki lima boleh beraktivitas dan mereka mendapat ijin dari pihak sabandar dan pelindo Kemudian selama dia beraktivitas dalam pelabuhan itu selalu menjaga dan pencegahan covid dengan saran pemerintah itu Menjaga Jarak mencuci tangan dan memakai masker.

diakui Kapolsek bahwa didalam pelabuhan tidak sendiri tetapi juga pihak Pengamanan lainya yakni dari KPLP atau Sabandar masing- masing punya tugas dan Fungsi namun kita mengdepankan Kordinasi dan bekerjasama begitu juga pihak Pelindo Bea cukai Karangtina dan intansi lainya seperti PT.Pelni.

lanjud Iptu Alamin Salut dan Bangga melihat Tata kelolah kepelabuhanan nunukan dibandingkan dengan pelabuhan lain di indonesia Timur seperti makassar balikpapan, Pare-Pare dan tarakan.

Pelabuhan Tunon Taka Nunukan dengan pelabuhan lain Sama tapi tidak Serupa Pelayanan dan kedisiplinan lebih Bersih dan Rapi serta tata kelolah mengedepankan kedisiplinan begitu juga Buru-buru Pelabuhan (TKBM)Tertip mengedepankan kedisipilinan protokol kesehatan yakni mengunakan “MASKER”.
ujar Iptu Alamin kapolsk KSKP nunukan.

lanjud Kapolsek walaupun kita ini berada diujung perbatasan tetapi bagaimana kita tampil Beda dan berusaha jauh lebih baik dibandingkan Pelabuhan yang ada dikota besar seperti pelabuhan Tanjung Priok, Surabaya dan pelabuhan Makssar,
“Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Jauh lebih”.

menurut Iptu Alimin Mantan Kapolsek Krayan bahwa Pelabuhan Itu Maju tidak saja dari kedisiplinannya tetapi ditentukan adalah “Keamanannya”.

Seindah apapun kota dan begitu juga pelabuhan kalau tidak aman, begitu juga dengan Wilayah tergantung Keamanan sehingga para pelaku dunia usaha akan semakin nyaman dalam menjalankan Aktivitas.

Seindah dan majunya suatu pelabuhan itu tergantung dari kedisipilinan dan keamananya.

apalagi kita berada
wilayah perbatasan pelayanan kita harus lebih baik ikatakan terjauh dari istilahnya itu dari kota atau provinsi yang Ibukota tapi yang dianggapnya sekarang ini untuk pelabuhan Nunukan itu dibanding dengan pelabuhan yang lain termasuk Pelabuhan dimakassar, tarakan dianggap ini sekarang itu luar biasa Untuk pelabuhan Nunukan dari segi kebersihan dengan ketertiban yang Luar Biasa ujar Alimin .(Yuspal)

Bagikan:

Iklan