Respon Adanya Warga Yang Tinggal Di Gubuk Tak Layak Huni,”Ketua Fraksi Gerindra Cianjur Janji Akan Bantu Pa Sobari

  • Whatsapp
Foto.Ketua Fraksi Gerindra Cianjur Prasetyo Harsanto saat mencek langsung tempat hunian pa Sobari dan lokasi bencana pergeseran tanah rumah warga.

Cianjur, infobanua.co.id – Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Cianjur,Prasetyo Harsanto
berikan respon terkait pemberitaan adanya kelurga yang tinggal atau menghuni gubuk mirip kandang kambing, di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Selasa (2/3/2021).

Respon tersebut dibuktikan dengan mencek langsung tempat Hunian keluarga Sobari (46) yang menempati gubuk tersebut.

Kepedulian sosial dari politisi Gerindra tersebut, juga sekaligus mencek lokasi bencana pergeseran tanah rumah warga setempat yang terdampak dan terancam ambruk.

“Tadi saya sudah melihat ke lokasi bencana juga. Selain ke rumah pak Sobari (46) warga setempat yang menempati rumah tidak layak untuk dihuni,” kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Cianjur Prasetyo Harsanto

Ia mengatakan, akan meminta dan membantu Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur. Artinya, dalam hal ini yaitu bupati melalui Sekda untuk mengeluarkan surat pernyataan kejadian bencana dan keterangan tanggap darurat.

“Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat,” jelas dia.

Karena, dia yakin anggaran saat ini di Pemkab Cianjur tentunya sangat terbatas, untuk itu akan meminta bantuan dari Pemerintah Pusat yaitu dengan cara mengeluarkan dua surat tersebut tadi.

“Mudah-mudahan pak bupati bisa mengeluarkan dua surat tersebut,” ujar Prasetyo.

Kemudian yang kedua, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Cianjur mendorong, dan mendukung pak bupati untuk relokasi bagi warga yang ingin direlokasi tempat tinggal atau hunian yang layak.

“Agar mereka bisa nyaman tempat barunya,” bilangnya.

Lanjut Prasetyo, untuk direlokasi tetap bangunkan jalan alternatif. Walaupun ini agak jauh, seperti terlihat setelah cek langsung ke lokasi melingkar dari tempat asalnya. Tapi kalau misalkan masalah kajian Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), dan lainnya tidak layak huni bagi keselamatan warga akan berupaya memperjuangkan.

“Karena khawatir akan mengancam jiwa juga akan menghambat kegiatan ekonomi,” imbuhnya.

Mengenai keluarga Sobari, itu nanti hal sama akan dibantu juga. Insyaallah minggu depan, tadi memang tidak sampai ke lokasi rumahnya. Karena area sudah di police line, jadi khawatir juga.

“Doanya saja bisa lancar sesuai harapan kita semua,” tutup Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Cianjur Prasetyo.

Terpisah, Idik Sidik (38) warga setempat membenarkan, tadi kedatangan Fraksi Gerindra Cianjur. Dan, beliau (Prasetyo,red) itu mau mengunjungi ke rumah yang tidak layak huni. Tapi khawatir karena di area dipasang garis polisi.

“Jadi memang tadi tidak sampai ke lokasi yang dituju, tapi beliau janji minggu depan mau memberikan bantuan ke pak Sobari,” kata Sidik.

Sidik menambahkan, mungkin sekalian juga mau memberikan sumbangan ke warga yang terdampak longsor pergeseran tanah.

“Sudah ada titik terang untuk keluarga pak Sobari. Dan, mudah-mudahan terealisasi,” pungkasnya.

Hasbi (Abie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *