infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Nanang Septian Kusnanto dan Fatimah Az Zahra dinobatkan Menjadi Duta GenRe Kabupaten HSU 2022

Nanang Septian Kusnanto dan Fatimah Az Zahra dinobatkan Menjadi Duta GenRe Kabupaten HSU 2022

AMUNTAI, infobanua.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana(DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara(HSU) bekerja sama dengan GenRe(Generasi Berencana) Indonesia Cabang Hulu Sungai Utara gelar Grand Final Pemilihan Duta GenRe di Kabupaten HSU tahun 2022 sekaligus Pengukuhan Bunda GenRe Kabupaten HSU, Bertempat di Aula DR. KH. Idham Chalid Amuntai.(Jum’at, 26/08/22).

Dra. Hj. Anisah Rasyidah mengatakan Upaya Pemerintah untuk meningkatkan kualitas remaja ialah melalui program Generasi Berencana atau dikenal dengan GenRe. Program ini diperkenalkan kepada remaja dalam rangka membantuk pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM penduduk usia 10-24 tahun belum menikah, untuk dapat menunda usia kawinnya dengan harapan mereka mampu merencanakan pembangunan keluarga sejak dini.

Remaja dikenalkan pada kapan usia ideal menikah, apa itu resiko kesehatan reproduksi akibat trias KKR(Pernikahan dini, seks pra nikah, dan penyalahgunaan NAPZA), apa itu stunting, serta bagaimana remaja mampu melewati lima transisi kehidupan yaitu, melanjutkan pendidikan, mencari pekerjaan, Memulai kehidupan berkeluarga, menjadi anggota keluarga masyarakat, dan mempraktikkan hidup sehat.

Melalui pemilihan Duta GenRe ini dilaksanakan guna mencari sosok remaja yang mampu menjadi role model bagi teman sebaya dalam menghindari triad KKR dan merencanakan hidup secara terencana.

“Pada hari ini kita akan memulai sejarah baru lagi untuk mencari sosok remaja untuk melanjutkan memperjuangkan nama baik GenRe HSU di tingkat Provinsi maupun Nasional. Kamu berharap siapapun nanti yang terpilih sebagai Duta GenRe Kabupaten HSU 2022, mampu mengemban tugas dengan baik selama satu tahun kedepan”.pungkasnya.

Grand Final Duta GenRe tingkat Kabupaten ini diikuti oleh 20 remaja putra dan putri dengan rentang usia 16 hingga 22 tahun. Setelah melalui berbagai seleksi dan penilaian sejak awal pendaftaran hingga grand final pada malam ini, Nanang Septian Kusnanto dan Fatimah Az Zahra resmi diumumkan sebagai juara 1 dan sekaligus dinobatkan sebagai Duta Genre Kabupaten HSU tahun 2022 dan akan maju ke tingkat Provinsi maupun Nasional.

Plt. Bupati HSU H. Husairi Abdi atau yang mewakili Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Amberani, SH. MH mengucapkan selamat kepada saudara/saudari yang terpilih sebagai Duta GenRe HSU, dengan harapan dapat mendorong untuk pencapaian prestasi yang lebih tinggi lagi, yakni menjadi Duta GenRe Provinsi Kalimantan Selatan dalam pemilihan Duta GenRe tingkat Nasional.

Disamping itu, ia mengatakan kepada peserta yang belum berhasil agar tidak berputus asa, terus lah menjadi Generasi yang punya semangat dalam meningkatkan wawasan, pengetahuan dan potensi yang dimiliki serta menjadi Generasi Berencana, Generasi yang akan melanjutkan Estafet pembangunan Kabupaten HSU dimasa yang akan datang.

Lebih lanjut ia mengatakan, inti dari kegiatan ini tidak lain adalah mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan Generasi Muda, mereka diberikan wawasan tentang kependudukan, kesehatan reproduksi remaja, penyiapan kehidupan berkeluarga, pembangunan keluarga melalui Pusat Informasi Konseling(PIK) remaja baik yang ada dimasyarakat, sekolah dan perguruan tinggi.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran kita semua dan juga masyarakat HSU, terhadap pentingnya menyiapkan dan mewujudkan GenRe, Generasi yang cerdas, berkarakter dan visioner, dalam rangka mendukung Generasi Muda HSU menggapai dan mewujudkan cita cita mereka melalui rencana yang baik dan matang.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan