infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA TMKK DPPKB HSU Bersama Kodim 1001/HSU-BLG Adakan Pelayanan KB

TMKK DPPKB HSU Bersama Kodim 1001/HSU-BLG Adakan Pelayanan KB

Amuntai, infobanua.co.id – Dalam rangka TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan (TMKK) Terpadu Tahun 2022, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 1001/HSU-BLG menggelar Pelayanan KB (Keluarga Berencana) Bertempat di Kodim 1001/HSU-BLG, Kamis (8/9/2022)

Program KB tersebut diikuti sebanyak 33 Akseptor terdiri dari Amuntai Tengah 18 orang terdiri dari 16 Implant, Haur Gading 7 Implant, Amuntai Utara 2 IUD (intrauterine device, alat kontrasepsi dalam rahim), Danau Panggang 12 Akseptor terdiri 11 Implant dan 1 IUD. Total semuanya 45, implant 36 orang, dan IUD 9 orang.

Dalam sambutannya, Kepala DPPKB Hj. Anisah Rasyidah mengatakan program KB adalah program yang berorientasi dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia(SDM) dengan sasaran keluarga dengan jumlah penduduk yang begitu besar dan kualitas yang rendah.

“Hal ini, akan berdampak bagi pemerintah baik sandang, pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan, lapangan kerja dan lainnya, sehingga banyak dana Pemerintah di alokasikan untuk kebutuhan  dasar kemanusiaan “.ucapnya

Pada kesempatannya, Plt. Bupati HSU Husairi Abdi mengatakan bahwa sampai saat ini perkembangan jumlah penduduk Indonesia terus meningkat berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan pada tahun 2020 per September 270,20 Juta Jiwa, bertambah menjadi 32,56 juta jiwa dibanding dengan hasil sensus penduduk tahun 2010, laju pertumbuhan penduduk pertahun selama 2010-2020 rata rata sebesar 1,25%.

“Oleh karena itu, kita harus terus berusaha menekan laju pertumbuhan penduduk, kalau tidak, akan menjadi negara yang besar penduduk tapi tidak berkualitas. Selain itu, kita juga harus sadar bahwa sekuat apapun kita berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat jika tidak di iringi dengan menekan laju pertumbuhan penduduk tentu akan sulit bagi kita untuk mewujudkan tujuan tersebut,” ucapnya.

Ia berharap kegiatan TMKK terpadu tahun 2022, dengan kegiatan pelayanan KB ini dapat berjalan tertib dan lancar, serta memberikan kemaslahatan dan keberhasilan dalam pelaksanaan program KB-Kesehatan serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekaligus mencegah dan menurunkan angka stunting di HSU

Selain itu, Komandan Kodim 1001/ HSU-BLG Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja mengakatan program TMKK ini adalah program lintas sektoral yang merupakan salah satu wujud kepedulian TNI serta BKKBN, dalam rangka membantu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat yang difokuskan pada pemberdayaan norma keluarga kecil, sehat dan berkualitas serta upaya percepatan penurunan stunting.

“Oleh karena itu, TNI khusus nya Kodim 1001/HSU-BLG senantiasa bertekad untuk melaksanakan program Kemanunggalan ini secara sistematis, sinergis dan berkesinambungan serta senantiasa mengharap kan akan dapat terkoordinasi secara baik dengan BKKBN sehingga komitmen yang kuat antara segenap jajaran Pemerintah dan TNI beban masyarakat dapat dikurangi utamanya menyangkut masalah kesehatan dan reproduksi,” pungkasnya

Fai/IB

Bagikan:

Iklan