infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Bawaslu HSU Gelar Sosialisasi Pengawasan Penyelenggara Partisipatif pada Pemilu tahun 2024

Bawaslu HSU Gelar Sosialisasi Pengawasan Penyelenggara Partisipatif pada Pemilu tahun 2024

AMUNTAI, infobanua.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Mengadakan Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Partisipatif pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024, Bertempat di Aula Melati, Rabu (19/10/2022)

dihadiri Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), KPU HSU, Polres HSU, Kodim 1001 HSU/BLG, Dinas PMD, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Alumni Gerakan Millenial Pengawas Demokrasi (GMPD), Mahasiswa serta Pelajar.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu HSU Drs. Syardani mengatakan, keterlibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif bertujuan agar masyarakat tidak hanya berperan pada peningkatan persentase kehadiran saat pencoblosan saja, tetapi lebih mengarah pada pengawalan serta proses pemilihan sejak tahapan Pemilu dan pilkada di mulai.

“Meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam mengawal pesta demokrasi lima tahunan Pemilu serentak 2024 mendatang adalah sebuah harapan besar dalam mendorong partisipasi masyarakat. Tentu hal ini bertujuan menciptakan Pemilu yang berkualitas dan baik.” Katanya

Selanjutnya pemberian materi oleh Narasumber, Erna Kaspiyah, S.Ag. M.Si dijelaskannya bahwa Pemilu adalah proses sarana kedaulatan rakyat, salah satu cara untuk mewujudkan kedaulatan rakyat melalui pemilu. Untuk itu partisipatif masyarakat menentukan pemimpin yang berkualitas, jujur dan adil.

“Nantinya Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari dan pilkada 27 November 2024, Kita sebagai pemilih pemilu tentu harus partisipatif dan cerdas”.ujarnya.

“Mari kita bersama – sama berpatisipasi dalam proses pemilu ke depan, ikut mewarnai proses pemilu agar menjadi lebih baik dan menarik serta hasilnya lebih berkualitas, tanpa masyarakat tentu pelaksanaan pemilu tidak bisa berjalan secara maksimal. Jadikan pesta demokrasi untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia.” tutupnya

Adapun pada kegiatan tersebut juga di isi dengan pemberian materi dari Prof. Dr. Ani Cahyadi, M.Pd selaku Akademisi Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Emmy Najmiati, S.Pd selaku anggota Bawaslu HSU.

Bagikan:

Iklan