infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA SMA Negeri 1 Amuntai Gelar Program Latihan Gabungan PMR WIRA Se-Kabupaten HSU

SMA Negeri 1 Amuntai Gelar Program Latihan Gabungan PMR WIRA Se-Kabupaten HSU

AMUNTAI, infobanua.co.id – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Amuntai menggelar program latihan gabungan Palang Merah Remaja (PMR) WIRA Se – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), yang Bertempat di SMAN 1 Amuntai. Minggu (20/11/2022).

PMR Wira adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Atas (15-17 tahun). Warna slayer kuning cerah dan juga PMR Wira berfungsi sebagai peer educator, yaitu pendidik sebaya keterampilan hidup sehat.

Dengan mengusung tema “Wujud kan Generasi Muda Berkarakter Melalui Implementasi Tri Bakti PMR dan 7 Prinsip Dasar Kepalangmerahan”. Dan “Bersatu Meningkatkan Persaudaraan dan Kesehatan”.

Adapun Sekolahan yang hadir dalam latihan gabungan tersebut diantaranya, SMAN 1 Danau Panggang, MAN 2 HSU, SMKN Babirik, SMKN 2 Amuntai, MAN 3 HSU, MAN 1 HSU, SMKN 1 Amuntai, SMAN 1 Amuntai Utara dan SMAN 1 Sungai Pandan.

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Amuntai, Midehan Nabhani M.Pd mengatakan, bahwasanya Kegiatan PMR merupakan kegiatan yang bermakna bagi kemanusiaan dan ekstrakurikuler ditiap sekolah dan di lihat dari ke 7 prinsip dasar dari PMR itu yang pertama adalah kemanusiaan. Maksudnya adalah kegiatan PMR tersebut lebih mendalam pada sosial kemanusiaan atau sebagianya.
“Artinya kita di didik bagaimana bisa menghargai sesama manusia, membantu sesama manusia agar hidup lebih bagus dari segala yang berkaitan dengan keterpurukan.” ucapnya

Lebih lanjut ia mengatakan, dimana pada saat ini memasuki musim hujan. Karena seringnya turun hujan bisa menyebabkan bencana banjir.
“Jadi perlu kita mengetahui dan mempelajari cara menanggulangi banjir dan membantu sesama manusia yang terdampak bencana banjir”.katanya

Ia menegaskan, rasa kemanusiaan tersebut perlu di tanamkan kepada seluruh manusia, bahkan paling tidak anggota yang tergabung dalam PMR Wira pada saat ini.
“Kemudian juga adanya Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, dan Kenistaan. 7 Prinsip itulah yang harus kita galang atau kita samakan persepsi. Oleh sebab itu, perlu kita mengadakan latihan gabungan. Sehingga, adanya persepsi yang sama”.pungkasnya.

Ia berharap kepada seluruh peserta yang berhadir, dengan dilaksanakan nya kegiatan tersebut bisa berjalan dengan sebaik-baiknya sesuai jadwal yang telah disiapkan.

Selanjutnya, persembahan Tarian dari Dewan Ambalan SMAN 1 Amuntai, kemudian penanda tanganan partisipasi Latihan Gabungan PMR Wira Se – HSU, dan sesi foto bersama.

Bagikan:

Iklan