infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Pj Bupati HSU Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Mengenakan Kain Sarigading

Pj Bupati HSU Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Mengenakan Kain Sarigading

Pj.Bupati Hulu Sungai Utara R.Suria Fadliansyah selaku Inspektur Upacara dengan pakaian khas adat banjar baju sasirangan dengan menggunakan laung dan selendang serta sarung yang terbuat dari kain khas amuntai kain “sarigading”.

Amuntai, infobanua.co.id – Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara pada hari Kamis tanggal 1 Juni 2023 bertempat di Halaman Kantor Bupati Hulu Sungai Utara yang dihadiri Unsur Forkopimda,Kepala SKPD,ASN perwakilan masing-masing SKPD, BNNK, TNI, Polri, Dharma wanita, TP PKK, Paskibra, Mahasiswa dan Pelajar.

Peringatan kali ini tampak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini Pj.Bupati Hulu Sungai Utara R.Suria Fadliansyah selaku Inspektur Upacara dengan pakaian khas adat banjar baju sasirangan dengan menggunakan laung dan selendang serta sarung yang terbuat dari kain khas amuntai yaitu kain “Sarigading”.

R Suria Fadliansyah dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan Pancasila sebagai dasar  dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada sekaligus sebagai “Bintang Penuntun” dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara mewujudkan masyarakat indonesia yang merdeka,bersatu,berdaulat, adil dan makmur.

Pancasila digali dan lahir dari bumi indonesia menjadi konsensus nasional untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa indonesia mengaktualisasikan Pancasila sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.Menurut Jokowi Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati,berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas,toleransi dan gotong royong,keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika. Pancasila bukan hanya dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai-nilai Pancasila   akan tertanam  didalam hati bangsa Indonesia.

“Sebelum mengakhiri sambutannya Presiden Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan  nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja membuat prestasi,membuat terobosan dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan ditahun-tahun yang akan datang,” demikian ajaknya.

IB

Bagikan:

Iklan