infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA BAWASLU HSU Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan

BAWASLU HSU Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan

Komisioner Panwascam se Kabupaten HSU tersebut menghadirkan 3 narasumber yang masing – masing dari Badan Intelijen Negara (BIN) daerah Kalimantan Selatan Abdas Raga Sugara,dan Akhmad Mukhlis selaku anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, serta Tokoh organisasi ke agamaan ( NU ) Kalimantan Selatan K.H.M.Syarbani Haira.

Banjarmasin, infobanua.co.id – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU ) melaksanakan kegiatan Fasilitasi  Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan bagi pengawas pemilu dalam mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu serentak tahun 2024 yang diselenggarakan selama 2 hari sejak tanggal 1 Juni sampai dengan 2 Juni 2024 di Hotel Jelita Banjarmasin.

Kegiatan yang di ikuti oleh komisioner Panwascam se Kabupaten HSU tersebut menghadirkan 3 narasumber yang masing – masing dari Badan Intelijen Negara  (BIN) daerah Kalimantan Selatan Abdas Raga Sugara,dan Akhmad Mukhlis selaku Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, serta Tokoh organisasi ke agamaan ( NU ) Kalimantan Selatan K.H.M.Syarbani Haira.

Dalam pemaparannya Abdas Raga Sugara selaku narasumber pertama  menekankan pentingnya solidaritas diantara sesama anggota panwascam.

” Ketika sudah solid tentunya dalam berkerja kita juga merasa nyaman,merasa ada yang saling mendukung sehingga  hal – hal yang tidak kita ketahui atau  kekurangan – kekurangan yang ada bisa tertutupi”ujarnya.

Abdas juga menambahkan bahwa selain solidaritas,senerigitas juga sangat penting dimana didalam melaksanakan tugas pengawasan tentunya kita akan selalu berhubungan dengan penyelenggara pemilu lainnya dimana apabila sinerigitas yang kita bangun baik pastinya akan memudahkan kita dalam berkerja.

Sedangkan narasumber kedua dari Bawaslu Kalimantan Selatan Akhmad Mukhlis menyampaikan bagaimana pentingnya koordinasi antara bawaslu kabupaten dengan panwascam terjaga dengan baik,mengingat ada batasan – batasan atau wewenang yang dimiliki oleh masing – masing pengawas pemilu tersebut.

Sementara narasumber yang terakhir dari NU Kalimantan Selatan K.H.M.Syarbani Haira  mengajak seluruh masyarakat agar mengikuti pemilu serentak tahun 2024,dimana  seorang pengawas pemilu dapat menjadi jaminan terlaksananya Pemilu yang bersih.

“Suksesnya penyelenggaran pemilu yang bersih itu berasal dari niat penyelenggaranya,dimana netralitas seorang pengawas pemilu itu menjadi jaminan ter selenggaranya pemilu yang bersih,” ucapnya.

Selain dihadiri oleh komisioner kecamatan kegiatan tersebut juga dihadiri  para anggota Bawaslu Kabupaten HSU serta undangan lainnya di antaranya dari unsur akademis dan institusi Pamerintah bidang infomasi komunikasi dan kegiatan tersebut secara resmi dibuka dan ditutup oleh Ketua Bawaslu HSU.

IB

Bagikan:

Iklan