infobanua.co.id
Beranda Health Cuci Darah Tanpa Biaya, Fauziannoor Selalu Andalkan Program JKN Untuk Jaminan Kesehatan Keluarga

Cuci Darah Tanpa Biaya, Fauziannoor Selalu Andalkan Program JKN Untuk Jaminan Kesehatan Keluarga

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan memanfaatkan pelayanan kesehatan dengan mengandalkan program ini. Hal tersebut yang dirasakan oleh Fauziannoor (41) penderita gagal ginjal yang mengharuskan dirinya untuk menjalani terapi hemodialisis secara rutin.

Banjarmasin, infobanua.co.id – Tidak terasa sejak 1 Januari 2014 BPJS Kesehatan telah hadir untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Sudah banyak masyarakat yang menjadi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan memanfaatkan pelayanan kesehatan dengan mengandalkan program ini. Hal tersebut yang dirasakan oleh Fauziannoor (41) penderita gagal ginjal yang mengharuskan dirinya untuk menjalani terapi hemodialisis secara rutin.

Layanan hemodialisis merupakan terapi cuci darah di luar tubuh. Terapi ini umumya dilakukan oleh pengidap masalah ginjal dimana ginjalnya sudah tak berfungsi dengan optimal. Pada dasarnya, tubuh manusia memang mampu mencuci darah secara otomatis, tapi bila terjadi masalah pada ginjal, kondisinya akan lain lagi.

“Awalnya memang saya tidak merasakan ada masalah yang terjadi di tubuh saya, saya merasa baik-baik saja. Tetapi suatu saat, kira-kira sekitar tujuh bulan yang lalu saya merasakan nyeri hingga mati rasa di sekitar pinggang saya. Akhirnya saya diantar keluarga untuk periksa ke rumah sakit. Dan setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter ternyata saya divonis mengalami gagal ginjal kronik dan harus melakukan cuci darah,” kata Fauziannoor (41).

Sebagai informasi untuk biaya melakukan cuci darah memiliki berbagai variasi, tergantung dari fasilitasi dialisasi yang disediakan oleh fasilitas kesehatan. Di rumah sakit swasta di Indonesia rata-rata biaya prosedur hemodialisis berkisar dari Rp. 800.000,- hingga lebih dari Rp. 1.500.000,- per kali cuci darah. Dari fakta tersebut Fauziannoor merasa sangat bersyukur karena dirinya yang telah menjadi Peserta JKN tidak perlu khawatir terhadap biaya cuci darah rutin yang harus dijalaninya.

“Alhamdulillah berkat adanya Program JKN saya bisa rutin menjalani cuci darah dengan nyaman. Karena kita tahu biaya sekali cuci darah itu sangat mahal dan saya harus rutin setidaknya dua sampai tiga kali setiap minggunya. Tidak bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan bila tidak ada Program JKN dan harus menggunakan biaya sendiri. Tentunya akan membebani saya dan keluarga karena sekali cuci darah bisa sampai jutaan. Mungkin saya tidak kepikiran bisa melakukan cuci darah secara rutin bila harus menggunakan biaya sendiri,” ucap Fauziannoor.

Lebih lanjut Fauziannoor merasa finansial keluarga sangat terbantu berkat adanya Program JKN, karena semenjak menjadi Peserta JKN untuk urusan masalah berobat kesehatan, dirinya dan keluarga selalu mengandalkan Program JKN.

“Cuci darah ini bagi saya merupakan contoh besarnya dari keluarga saya yang sangat menggantungkan kesehatan keluarga melalui Program JKN. Kita tahu biaya kesehatan saat ini begitu mahal, untuk orang dengan ekonomi yang baik sekalipun pasti akan terbebani bila memerlukan pelayanan kesehatan terlebih sakit yang dialami merupakan sakit yang berat. Selama ini bila keluarga saya sakit kami selalu mengandalkan Program JKN untuk berobat sehingga kami tidak perlu lagi memikirkan biaya lagi karena sudah dijamin dengan program ini. Kalau tidak ada program ini ntah bagaimana nasib perekonomian keluarga saya,” tambah Fauziannoor.

Di akhir perjumpaan Fauziannoor menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan karena sudah menyelenggarakan program yang luar biasa ini.

“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah menyelenggarakan Program JKN dengan baik. Kami para Peserta JKN bisa berobat dengan tenang dan mendapatkan pelayanan yang luar biasa tanpa harus terbebani dengan biaya kesehatan yang mahal. Semoga program ini bisa terus ada membantu setiap orang yang ingin berobat tanpa harus terbabani oleh biaya,” tutup Fauziannoor.

Bagikan:

Iklan