infobanua.co.id
Beranda Health Tepat Berusia 16 Tahun, Desa Al-Kautsar Pastikan Komitmen Sukseskan Program JKN Melalui Simpelin

Tepat Berusia 16 Tahun, Desa Al-Kautsar Pastikan Komitmen Sukseskan Program JKN Melalui Simpelin

BPJS Kesehatan mengembangkan inovasi layanan “Simpelin Saja” atau Sistem Pelayanan dan Informasi di Desa Tanpa Jarak. Simpelin Saja merupakan pelayanan tatap muka dengan petugas BPJS Kesehatan secara virtual atau online.

Tanah Bumbu, infobanua.co.id – Guna mempermudah akses layanan administrasi bagi masyarakat maupun peserta Program JKN yang tinggal jauh dari daerah perkotaan, BPJS Kesehatan mengembangkan inovasi layanan “Simpelin Saja” atau Sistem Pelayanan dan Informasi di Desa Tanpa Jarak. Simpelin Saja merupakan pelayanan tatap muka dengan petugas BPJS Kesehatan secara virtual atau online. Dengan demikian, masyarakat yang tinggal jauh dari daerah perkotaan tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk mengurus administrasi. Dengan memanfaatkan layanan ini, mereka dapat menghemat waktu dan biaya.

 

“Dengan adanya inovasi ini warga yang rumahnya jauh dari kantor BPJS Kesehatan jadi tidak kesulitan lagi, seperti warga-warga di pedesaan yang jauh dan memerlukan waktu dan biaya bila harus mengakses ke pusat kota, cukup dengan Simpelin Saja mereka dapat mengakses layanan BPJS Kesehatan tanpa harus menempuh perjalanan berjam-jam untuk ke kantor cabang,” ungkap Asmar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin.

 

Dalam program ini terdapat delapan fitur layanan yang disediakan, antara lain online customer service, cek status peserta dan tagihan iuran, penanganan keluhan, pendaftaran Mobile JKN, cek risiko kesehatan, pembayaran iuran JKN, layanan pendaftaran program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) dan Media Info BPJS kesehatan.

 

Demi maksimalnya pemanfaatan Simpelin Saja, BPJS Kesehatan menggandeng pemerintah setempat untuk turut menyukseskan inovasi ini. Kolaborasi yang erat dengan semua pihak diharapkan dapat mempercepat implementasi inovasi Simpelin Saja dan meningkatkan koordinasi dalam penyediaan layanan kesehatan. Salah satunya adalah Desa Al-Kautsar Kabupaten Tanah Bumbu yang tengah berulang tahun hari ini (23/01), telah bersinergi memberikan kemudahan bagi penduduk desanya untuk pengurusan Program JKN.

 

“Selama empat bulan ini pelayanan Simpelin Saja sudah berjalan, setidaknya setiap minggunya bisa ada 12-20 KK yang datang kesini khusus untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan. kami juga menyediakan ruangan khusus untuk pelayanan Simpelin Saja agar masyarakat dapat mengaksesnya dengan nyaman,” ujar Daswadji Kepala Desa Al-Kautsar.

 

Sebagai informasi, per Januari 2024 jumlah peserta BPJS Kesehatan di Desa Tanjung Batu adalah sebanyak 2.378 jiwa. Adapun pemanfaatan Simpelin Saja dari bulan Oktober 2023 hingga Januari 2024 adalah kurang lebih sebanyak 240 peserta.

 

Asmar menyampaikan apresiasi kepada Desa Al-Kautsar yang telah berkomitmen untuk berkontribusi menyukseskan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang merupakan salah satu program strategis pemerintah, pada kesempatan tersebut Asmar juga menyampaikan ucapan selamat atas Hari Jadi Desa Al-Kautsar yang telah berusia 16 tahun pada hari ini.

 

“Terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada jajaran perangkat Desa Al-Kautsar yang telah mau untuk berkomitmen menyukseskan Program JKN, dengan bersinergi membuka pelayanan simpelin sehingga penduduk desanya bisa dengan mudah mengakses layanan Program JKN. Pada kesempatan ini pula saya menyampaikan ucapan Selamat Hari Jadi Desa Al-Kautsar yang ke-16, semoga Desa Al-Kautsar semakin jaya, Makmur dan harmonis, dan semangat kebersamaan dan kemajuan terus mengiringi Desa Al-Kautsar,” ucap Asmar.

id/IB

Bagikan:

Iklan