infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Antisipasi Luapan Sungai Negara, Jalan Pasar Induk Amuntai HST ditinggikan

Antisipasi Luapan Sungai Negara, Jalan Pasar Induk Amuntai HST ditinggikan

AMUNTAI – Memasuki musim penghujan pedagang di lantai satu pasar Induk Amuntai sebagian akan kebingungan karena ancaman banjir.

Saat sungai Negara meluap, Beberapa tempat lokasi berjualan di belakang bangunan utama pasar induk Amuntai bakal terendam.

Rina seorang pedagang yang berada di lantai satu pasar induk Amuntai mengatakan banjir di musim penghujan biasanya selain karena adanya luapan air sungai juga karena saluran air di bawah pasar tidak lancar.

“Kami berharap agar puncak musim hujan tahun ini pasar amuntai tak terendam banjir,” ujarnya.

Namun, Pemerintah Daerah kini melakukan antisipasi dengan peninggian jalan yang berada di sebelah kanan bangunan utama.

Jalan ini dibangun lebih tinggi sehingga pedagang yang ada dibagian depan bisa terhalang luapan air jika terjadi banjir.

Hal ini disampaikan Isnaini Kepala UPT Pasar Wilayah I.

Ia mengatakan selain untuk menahan luapan air pembangunan ini juga untuk meningkatan kualitas jalan bagi para pembeli dan pedagang.

Jalan ini menuju ke bagian belakang pasar yang terdapat banyak penjual sayuran dan lauk pauk.

Sebalumnya kondisi jalan ini juga banyak yang rusak. Ditambah posisinya juga rendah sehingga mudah untuk jalan air menerobos kios para pedagang.

“Dengan perbaikan jalan ini juga bisa memudahkan saat pemanfaatan kios baru yang berada dibagian atas sudah dilakukan, juga untuk kios yang berada tepat disamping jalan tersebut,” ujarnya.

Mengingat ada banguanan kios baru di lantai dua yang terhubung langsung melalui jalan menanjak yang setelahnya juga digunakan untuk lahan parkir. Kios ini, rencananya akan digunakan oleh pedagang makanan.

“Dengan adanya akses langsung dari lahan parkir diharapkan kios tersebut bisa segera ramai saat sudah difungsikan nanti,” ujarnya.

Sumber: banjarmasin.tribunnews.com

Bagikan:

Iklan