Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Fajar Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Gelar Pelatihan Jurnalistik

  • Whatsapp

Amuntai, infobanua.co.id – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Fajar Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) adakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Amuntai(06/02/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19.

PJTD berlangsung selama 2 hari dari tanggal 6-7 Febuari 2021 dengan jumlah peserta 53 orang, bertempat di Aula STAI dan dihadiri Ketua STAI, Kepala Diskominfo, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Hulu Sungai Utara (HSU), Dewan pembimbing STAI RAKHA Amuntai, dan Pimpinan Umum LPM Al-Fajar tahun 2021.

Dalam laporan ketua pelaksana muhammad azkia menyampaikan ada empat materi yaitu redaktor, reporter, fotograpi,dan editing, di ikuti anggota baru LPM dengan jumlah 47 orang terdiri dari laki laki 12 orang ,dan perempuan 35 orang. Pelatihan Pra Jurnalistik Tingkat Dasar telah dilaksanakan pada hari senin hingga hari kamis pada tanggal 1 sampai 4 Febuari 2021. dan dilanjutkan dengan PJTD yang dilaksanakan pada hari Sabtu sampai dengan minggu tanggal 6-7 Febuari 2021 yang bertempat di kampus STAI RAKHA Amuntai.

Dalam sambutannya kepala Diskominfo HSU H. Adi Lesmana mengatakan “dengan adanya pelatihan jurnalistik ini menambah lagi kemampuan atau keterampilan bagi pemuda kita atau mahasiswa khususnya di HSU sendiri, untuk memiliki kemampuan melakukan kegiatan jurnlalistik, tulismenulis, maupun liputan dan sebagainya”.

ini merupakan keterampilan yang bagus kita miliki, selain mengasah kemampuan melihat fenomina sosial, melihat apa yang unik disekitar kita, kemudian kemampuan kita dalam mengaktualisasikan dalam bentuk tulisan maupun video atau reportasi jadi ini kita harap menjadi satu kemampuan istimewa yang kita miliki, tidak semua orang memiliki kemampuan itu. Jadi adik adik sekarang sudah memulai satu langkah yang besar, ini juga merupakan aktualisasi dari kecerdasan seseorang juga kemampuannya melihat, menulis, kemudian dalam satu bentuk liiputan, reportasi, tulisan maupun dalam bentuk video tambahnya Adi dalam sambutannya.

dijaman sekarang media untuk menulis sudah terbuka lebar, dimana saja kita bisa menulis, di Website, Blog, Media Sosial,ataupun membuat Konten Video diberbagai macam media lainnya, namun di satu sisi ini juga merupakan tantangan, harus sesuai dengan etika masyarakat, dan hukum juga perlu diperhatikan.

Kepala diskominfo itu juga mengingatkan tentang unsur unsur berita seperti 5W+1H, teknik penulisan seperti piramida terbalik, dan juga Nilai berita.

H. Novendra Prayogi selaku kepala PWI cabang HSU berharap juga melalui kegiatan ini teman teman sekalian bisa berkontribusi untuk meneruskan informasi perkembangan yang ada dikampus misalnya.

Drs. H.Taufikurrahman selaku ketua STAI RAKHA juga mengharapkan Hal ini dapat meningkatkan kampus dimata publik kemudian pelatihan ini dapat menghasilkan wartawan dan wartawati yang profesional dalam bidang pemberitaan. Kami berharap dengan bekerjasama dengan kominfo dan mengembangkan jurnalistik yang ada dikampus ini.

Acara ditutup dengan penyematan tanda peserta PJTD oleh ketua STAI RAKHA kepada Peserta yang mewakili dan Foto bersama.

Fai/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *